Sekjen PDIP sidang promosi doktor di Hari Lahir Bung Karno

id sekjen PDIP,hasto kristiyanto,djarot saiful hidayat,PDIP Surabaya,hari lahir bung tomo,promosi doktor

Sekjen PDIP sidang promosi doktor di Hari Lahir Bung Karno

Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Djarot Saiful Hidayat bersama para politikus PDIP mengucapkan selamat kepada Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto yang menjalani sidang terbuka promosi doktor di Universitas Pertahanan melalui sambungan video call di Kota Surabaya, Senin (6/6/2022). (ANTARA/HO-PDIP Surabaya)

Surabaya (ANTARA) - Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (Sekjen PDIP) Hasto Kristiyanto menjalani sidang terbuka promosi doktor di Universitas Pertahanan pada Senin, 6 Juni 2022 atau bertepatan dengan peringatan Hari Lahir Bung Karno.

"Selamat ya Pak Sekjen. Luar biasa, sidang doktor pas Hari Lahir Bung Karno," kata Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Djarot Saiful Hidayat melalui sambungan video call saat memperingati Hari Lahir Bung Karno di Surabaya, Senin pagi.

Sambungan video call itu dilakukan dari kediaman Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. Hadir pada kesempatan itu Wakil Wali Kota (Wawali) Surabaya Armuji, Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat, Anggota DPR RI sekaligus mantan Wali Kota Surabaya Bambang Dwi Hartono, mantan Wali Kota Surabaya sekaligus mantan Wakil Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana.

Mereka berkumpul mengenakan kaus bertuliskan "Bung Karno Arek Suroboyo", untuk memperingati Hari Lahir Bung Karno dan mengumumkan sayembara desain patung sang proklamator yang akan dibangun di Surabaya.

Dalam studi doktoralnya, Hasto menulis disertasi berjudul "Diskursus Pemikiran Geopolitik Soekarno dan Relevansinya terhadap Pertahanan Negara". Hasto mengambil tema soal geopolitik Bung Karno karena terinspirasi dari dialog-dialognya dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Ucapan yang sama juga disampaikan Bambang DH, Wawali Armuji dan Whisnu Sakti Buana.

"Selamat Pak Sekjen. Kami di Surabaya nih, ikut bergembira dan bersyukur," kata Bambang DH.

"Selamat Pak Sekjen. Lancar semuanya," ujar Armuji.

"Selamat Pak Sekjen, semoga sidang doktornya berjalan sukses," kata Whisnu.

Sementara itu, Ketua DPC PDIP Surabaya Adi Sutarwijono keluarga besar DPC PDI Perjuangan Surabaya turut berbangga atas sidang doktoral Hasto.

"Kami semua bangga dan mengucapkan selamat kepada Pak Sekjen. Ini momen spesial bagi beliau, karena selain menjalani sidang doktoral, hari ini bertepatan dengan hari lahir Bung Karno yang ke-121 yang tentunya membawa makna yang dalam bagi Pak Hasto sebagai seorang Soekarnois,” ujar Adi.

Adi menyebut, sidang promosi doktor Hasto menunjukkan bahwa pemikiran dan tindakan Bung Karno selalu relevan dengan berbagai tantangan zaman. Termasuk saat ini di mana situasi geopolitik dunia dalam situasi yang tidak menentu seiring hadirnya perang Rusia melawan Ukraina.

"Pemikiran Bung Karno yang menggalang Gerakan Non-Blok, memperjuangkan kemerdekaan negara-negara Asia-Afrika menjadi inspirasi bahwa kita harus terus berjuang untuk dunia yang berkeadilan dan bebas dari invasi serta imperialisme. Sampai kapan pun ini relevan, termasuk dalam situasi geopolitik dunia yang memanas saat ini," ujar Adi yang juga ketua DPRD Surabaya.

Sehingga, lanjut Adi, apa yang diangkat oleh Hasto dalam studi doktoralnya juga mampu memberi perspektif yang luas terhadap makna pertahanan negara, di mana sistem pertahanan harus didesain melibatkan seluruh komponen rakyat Indonesia.

Adi menambahkan, kegigihan Hasto dalam menuntut ilmu patut diapresiasi dan dijadikan teladan oleh generasi muda, khususnya para kader PDI Perjuangan. Hasto dalam kondisi penuh kesibukan karena menjalankan agenda politik kerakyatan tetap membagi waktu untuk belajar secara formal hingga hari ini menjalani sidang promosi doktor.

"Ini menjadi inspirasi bahwa belajar haruslah sepanjang hayat, ilmu yang diabdikan untuk kepentingan kemanusiaan. Ilmu yang bukan berada di menara gading, tapi menggerakkan publik bahkan bangsa untuk menempuh langkah progresif demi kemajuan peradaban," kata Adi.