Penundaan kenaikan harga tiket Borobudur bijaksana

id ganjar pranowo,candi borobudur

Penundaan kenaikan harga tiket Borobudur bijaksana

Pengunjung berwisata di pelataran Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Selasa (7/6/2022). ANTARA FOTO/Anis Efizudin/tom. (ANTARA FOTO/ANIS EFIZUDIN)

Semarang (ANTARA) -
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menilai keputusan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menunda kenaikan harga tiket naik ke area stupa di Candi Borobudur merupakan langkah bijaksana.

"Intinya Pak Luhut waktu ke rumah menyampaikan ke saya 'udahlah Pak Ganjar, kita postponed dulu biar dibicarakan TWC sama balai dulu', saya kira itu bijaksana," kata Ganjar di sela kunjungan kerja di Kabupaten Kudus, Kamis.

Sebenarnya wacana itu belum diterapkan karena pemerintah masih berdiskusi panjang dengan PT Taman Wisata Candi (TWC) serta Balai Konservasi Borobudur (BKB).

Wacana kenaikan harga tiket naik ke area stupa Candi Borobudur yang disampaikan kepada publik merupakan bentuk transparansi pemerintah.
 
Terlepas pro dan kontra wacana kenaikan harga tiket naik ke area stupa Candi Borobudur, Ganjar menilai ada hikmah positif diambil karena banyak kelompok masyarakat yang merasa memiliki turut bersuara.

Sebelumnya, Menko Marves berencana memberlakukan kenaikan harga tiket Candi Borobudur ditunda selama satu tahun sambil menunggu evaluasi pengelolaan Candi Borobudur sedang dilakukan saat in
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024