Pemkab Bantul mengharapkan bazar UMKM BUMN bantu pulihkan ekonomi

id Bazar UMKM,bantul

Pemkab Bantul mengharapkan bazar UMKM BUMN bantu pulihkan ekonomi

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih meninjau stan UMKM dalam kegiatan Pasar Rakyat dan Bazar UMKM di Lapangan Paseban Bantul, DIY, Sabtu (11/6/2022). ANTARA/Hery Sidik

Bantul (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengharapkan kegiatan pasar rakyat dan bazar usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), yang diprakarsai Kementerian BUMN di Lapangan Paseban, dapat membantu upaya pemulihan ekonomi masyarakat.

"Mudah-mudahan kegiatan ini menjadi sebuah ikhtiar, upaya kita di dalam melakukan pemulihan ekonomi menuju kesejahteraan rakyat," kata Bupati Bantul Abdul Halim Muslih dalam pembukaan Pasar Rakyat dan Bazar UMKM BUMN di Lapangan Paseban Bantul, Sabtu.

Kegiatan tersebut diikuti puluhan pelaku UMKM dari Bantul, selain pasar rakyat dan bazar UMKM, dalam kegiatan juga diadakan vaksinasi booster atau dosis ketiga bagi masyarakat yang membutuhkan.

Bupati mengatakan saat ini pandemi COVID-19 sudah semakin melandai, semakin mendekati titik nol, sehingga mudah-mudahan kondisi pandemi yang semakin ringan ini akan membuka aktivitas-aktivitas ekonomi untuk melakukan pemulihan ekonomi secara bersama-sama.

Namun demikian, kata dia, walaupun pandemi COVID-19 ini dinyatakan sudah melandai, tapi pemerintah belum menyatakan bahwa pandemi ini selesai, karena itu kewaspadaan dan kehati-hatian terhadap penularan COVID-19 masih diperlukan.

"Yang penting bagaimana kita semuanya ini bisa melakukan aktivitas sehari-hari ini semakin baik, aktivitas ekonomi juga sudah semakin menggeliat, sehingga keterpurukan ekonomi akibat pandemi bisa segera kita pulihkan," katanya.

Bupati juga mengatakan Pemkab Bantul juga telah meluncurkan berbagai program dalam rangka melakukan pemulihan ekonomi akibat pandemi, di antaranya dengan membuka kembali hubungan hubungan bisnis ekonomi yang selama ini terhenti.

"Kita juga membuat atau menciptakan kolaborasi-kolaborasi baru antarpengusaha dengan fasilitasi pemerintah seperti antara pengusaha besar dengan pengusaha kecil, plasma dan inti plasma, sehingga kita bisa bangkit dan bergerak bersama sama," katanya.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024