Ganjar mendukung Netflix angkat potensi Jateng melalui film

id ganjar pranowo dan netflix

Ganjar mendukung Netflix angkat potensi Jateng melalui film

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menerima kunjungan perwakilan Netflix Asia Tenggara di Rumah Dinas Gubernur Jateng, Semarang, Selasa (14/6/2022). ANTARA/HO-Humas Pemprov Jateng

Semarang (ANTARA) -
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendukung rencana Netflix mengangkat berbagai potensi Jateng sekaligus membangkitkan sektor ekonomi kreatif melalui film yang menjadi salah satu media penting dalam strategi kebudayaan.

"Kawan-kawan dari Netflix datang meminta izin dan dukungan. Menurut saya dalam konteks strategi kebudayaan melalui film ini menjadi penting," kata Ganjar usai menerima kunjungan perwakilan Netflix Asia Tenggara di Rumah Dinas Gubernur Jateng, Semarang, Selasa.

Ia mengharapkan rencana menggarap potensi di Jateng, khususnya tentang kebudayaan dan ekonomi kreatif bisa membantu mengenalkan provinsi beribu kota Semarang secara lebih luas.

Oleh karena itu, Ganjar ingin bupati/wali kota juga mendukung karena memberikan nilai tambah bagi daerah masing-masing.

"Jadi tawaran dari Netflix menarik. Nanti misal ada setting tahun 1960-n berarti dibutuhkan lanskap dan background yang kesannya tahun itu. Semarang punya, Temanggung banyak gedung kuno, Kudus juga ada. Mudah-mudahan kawan bupati/wali kota juga bisa mendorong. Kita juga diuntungkan karena areanya akan diangkat masuk film dan itu menjadi sesuatu yang bisa menambah nilai untuk pariwisata," ujarnya.

Kepada perwakilan Netflix yang menemuinya, Ganjar mengungkapkan sempat mengisi acara Bulan Bung Karno di Jawa Tengah dan salah satu isinya bagaimana membumikan Pancasila pada kelompok milenial.

Ganjar menyinggung bagaimana peran milenial, khususnya mereka yang menjadi film maker untuk membuat karya-karya tentang kerukunan, tentang kebaikan, tentang kemanusiaan, tentang kreativitas, dan tentang prestasi dengan cara mereka sehingga dapat diterima oleh teman sebayanya.

Direktur Kebijakan Publik Netflix Asia Tenggara Ruben Hatari mengatakan tujuan bertemu Ganjar Pranowo untuk menyampaikan rencana kerja sama dengan pemerintah daerah.
 
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024