Mahasiswa harus miliki kemampuan nonteknis

id pendidikan, kemampuan nonteknis, mahasiswa

Mahasiswa harus miliki kemampuan nonteknis

Tangkapan layar kegiatan Trakindo Goes to Campus (TGTC) beberapa waktu lalu. (ANTARA/HO- Dokumentasi Pribadi)

Jakarta (ANTARA) - Manajer Sumber Daya Manusia (SDM) Area Sumatera Trakindo Reni Mailinar Vidyasiwi mengatakan penting bagi mahasiswa untuk memiliki kemampuan nonteknis sehingga dapat menghadapi dunia kerja.

“Apa yang kita pelajari di bangku pendidikan tinggi dan apa kita pahami di awal karir, bisa sangat berbeda dalam kurun waktu dua tahun setelahnya. Maka dari itu sangat penting bagi kita untuk memiliki keterampilan seperti kemampuan nonteknis untuk mendukung pengetahuan dan keterampilan teknik yang telah kita pelajari sebelumnya,” kata Reni dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa.

Hal itu disampaikan Reni dalam kegiatan Trakindo Goes to Campus (TGTC) yang diselenggarakan bersama Politeknik Negeri Sriwijaya. Reni memberi gambaran bagaimana perusahaan tempatnya bekerja mengambil langkah dalam menghadapi tantangan.

“Bagi kami, SDM merupakan menjadi salah satu elemen kunci yang sangat mempengaruhi kinerja usaha. Untuk itu, Trakindo juga berfokus pada penguatan pendidikan karakter, selain tentunya juga meningkatkan kompetensi,” terang dia.