Generasi muda didorong beri masukan pemerintah

id Y20,Jaleswari Pramodhawardani,KSP

Generasi muda didorong beri masukan pemerintah

Tangkapan layar - Deputi V Kantor Staf Presiden (KSP) Jaleswari Pramodhawardani dalam Pra KTT Y20 yang berlangsung di Manokwari, Papua Barat, Sabtu (18/6/2022). (ANTARA/Asep Firmansyah/Youtube-Indonesia Youth Diplomacy)

Jakarta (ANTARA) - Deputi V Kantor Staf Presiden (KSP) Jaleswari Pramodhawardani mendorong generasi muda untuk percaya diri dalam memberi masukan bagi pemerintah, sebagai upaya untuk mengingatkan agar terus berusaha membawa bangsa ini lebih sejahtera.

"Saya mendorong generasi muda untuk percaya diri dalam menyampaikan rekomendasi kebijakan atau bahkan kritik yang didukung oleh detail analisis yang mendalam," ujar Jaleswari dalam Pra KTT Y20 yang berlangsung di Manokwari, Papua Barat, Sabtu.

Jaleswari mengatakan bahwa Pemerintah Indonesia berkewajiban untuk memastikan bahwa unsur substantif peraturan dan kebijakan publik dirumuskan berdasarkan prinsip kemanusiaan dan mencerminkan proporsionalitas, perlindungan, serta penghormatan terhadap hak asasi manusia.

Ia yakin ada banyak cara yang bisa dilakukan generasi muda untuk memastikan regulasi, kebijakan publik, dan rekomendasi kebijakan selalu sejalan dengan prinsip-prinsip HAM.

"Generasi muda dapat lebih berkontribusi dalam pembangunan bangsa dan menjaga kepentingan rakyat," kata dia.

Di sisi lain, pemerintah juga mendorong agar generasi muda untuk secara konsisten menyuarakan pentingnya perlindungan hak asasi manusia. Berpikir kritis sebagai wujud kontribusi generasi muda dalam pembangunan melalui berbagai platform seperti media sosial untuk menyebarkan kesadaran dan menginspirasi yang lainnya.

Sebelumnya, Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) berharap Youth 20 (Y20), wadah konsultasi resmi perwakilan pemuda negara-negara anggota G20, akan memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan kualitas hidup kaum muda.


 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024