Mantan gerilyawan Gustavo Petro terpilih sebagai Presiden Kolombia

id Gustavo Petro,Pemilihan Presiden Kolombia,Rodolfo Hernandez

Mantan gerilyawan Gustavo Petro terpilih sebagai Presiden Kolombia

Dinding dengan gambar pasangan calon wakil presiden dan presiden sayap kiri Kolombia Francia Marquez-Gustavo Petro terlihat sehari sebelum pemilihan presiden putaran pertama, di Cali, Kolombia, Sabtu (28/5/2022). ANTARA FOTO/REUTERS/Luisa Gonzalez/HP/djo (REUTERS/LUISA GONZALEZ)

Bogota (ANTARA) - Politisi kiri Gustavo Petro dinyatakan sebagai pemenang dalam pemilihan Presiden Kolombia pada Minggu (19/6) waktu setempat.

Mantan gerilyawan itu berhasil mengalahkan raja konstruksi Rodolfo Hernandez dalam pemilihan putaran kedua pada Minggu (19/6).

Mantan Wali Kota Bogota itu meraup 50,5 persen suara, mengalahkan pesaingnya dengan selisih lebih dari 700 ribu suara untuk menjadi presiden kiri pertama Kolombia, yang selama ini didominasi kubu kanan.

Senator berhaluan kiri itu berjanji akan melakukan perubahan sosial dan ekonomi secara signifikan.

Ia juga berjanji untuk memerangi ketidaksetaraan dengan pendidikan universitas gratis, reformasi pensiun dan pajak yang tinggi atas tanah tidak produktif.

Pendukung Gustavo Petro, Alejandro Forero (40) yang menggunakan kursi roda, menangis saat melihat hasil pemilihan Presiden Kolombia di Bogota.

"Terima kasih Tuhan. Saya tahu dia akan menjadi presiden yang baik dan dia akan membantu kita yang paling tidak beruntung," kata Forero.


 

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022