Kepulauan Babel harus kembangkan SDM pariwisata unggul

id Kemenparekraf,Tour Leader,Bangka Belitung,Pariwisata,SDM Pariwisata

Kepulauan Babel harus kembangkan SDM pariwisata unggul

Pelaksana Tugas Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Frans Teguh, ketika membekali pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif dalam acara "Pelatihan Tour Leader" di Hotel Golden Tulip Essential Belitung, Jumat (17/6/2022). ANTARA/HO-Kemenparekraf

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyatakan Kepulauan Bangka Belitung harus mempertahankan prinsip-prinsip pembangunan pariwisata berkelanjutan, salah satunya dengan pengembangan sumber daya manusia pariwisata yang unggul serta berdaya saing.

“Kemenparekraf dan pemerintah daerah setempat ingin menjadikan Belitung sebagai salah satu dari 10 Destinasi Pariwisata Prioritas (DPP),” ucap Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf Frans Teguh melalui keterangan resmi, di Jakarta, Selasa.

Karena itu, pihaknya menyelenggarakan “Pelatihan Tour Leader” untuk pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di Belitung guna meningkatkan wawasan serta keterampilan sebagai pemandu wisata.

Kegiatan tersebut telah berlangsung selama tiga hari, mulai dari 15 – 17 Juni 2022 di Hotel Golden Tulip Essential Belitung dengan diikuti 32 peserta yang berasal dari Kabupaten Belitung dan Kabupaten Belitung Timur.

Para peserta dibekali beragam materi pelatihan seperti prosedur kesehatan, keselamatan, dan keamanan di tempat kerja. Kemudian juga meningkatkan pengetahuan di bidang pariwisata hingga membaca, menulis, dan berkomunikasi secara lisan dengan menggunakan bahasa Inggris.

Frans mengharapkan kegiatan tersebut berdampak baik sehingga mampu memajukan pariwisata khususnya industri perjalanan wisata. “Pembangunan sumber daya manusia pariwisata yang unggul diharapkan mampu membuka peluang usaha pariwisata dan lapangan pekerjaan seluas-luasnya,” ujar Frans.

 

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022