Ketum PP Muhammadiyah meminta masyarakat pilih ternak sehat untuk kurban

id idul adha,ternak kurban,ketum PP Muhammadiyah

Ketum PP Muhammadiyah meminta masyarakat pilih ternak sehat untuk kurban

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir (ANTARA/Luqman Hakim)

Yogyakarta (ANTARA) - Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir mengimbau masyarakat memilih hewan ternak yang sehat untuk disembelih saat Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah.

"Sebaiknya sapi yang untuk kurban, sebagaimana juga untuk disembelih untuk kepentingan konsumsi, yang betul-betul sehat. Sebab nanti dampaknya tidak bagus kan untuk kesehatan," kata Haedar di Kantor PP Muhammadiyah, Yogyakarta, Rabu.

Dalam berkurban, Haedar meminta masyarakat dapat mengikuti persyaratan sesuai syariat Islam, yang antara lain hewan ternak tidak dalam kondisi sakit.

"Kami imbau juga kepada masyarakat umum supaya berkurban dan menyembelih hewan kurban yang sehat yang sesuai dengan persyaratan dan tidak sakit," ujar dia.

Agar sebaran hewan kurban dapat menjangkau berbagai daerah, menurut dia, masyarakat juga dapat menyalurkan sebagian hartanya untuk membeli hewan kurban melalui Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (LazisMu).

"Bagi saudara-saudara kita yang artinya punya kelebihan harta, kami Muhammadiyah juga terus menggerakkan itu lewat LazisMu. Dan banyak juga yang titip lewat LazisMU. Untuk menyebar hewan kurban di tengah pandemi seperti ini," kata dia.

Dalam kesempatan itu, Haedar juga berpesan agar perbedaan yang mungkin terjadi dalam penetapan Hari Raya Idul Adha tidak menimbulkan masalah.

Muhammadiyah sendiri telah menetapkan Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah jatuh pada 9 Juli 2022.

"Baik sama maupun mungkin beda kami harapkan untuk tidak menjadi masalah," kata Haedar Nashir.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ketum PP Muhammadiyah minta masyarakat pilih ternak sehat untuk kurban
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024