Keraton Solo dipromosikan untuk lokasi MICE

id pemkot surakarta, keraton solo

Keraton Solo dipromosikan untuk lokasi MICE

Ketua Umum Asbanda Supriyatno menyampaikan tali kasih kepada pihak Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat di Solo, Kamis (23/6/2022). ANTARA/Aris Wasita

Solo (ANTARA) - Pemerintah Kota Surakarta tengah getol mempromosikan Keraton Solo atau Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat sebagai lokasi penyelenggaraan MICE atau pertemuan, insentif, konvensi, dan pameran.

"Dalam visi misi wali kota kan penekanannya budaya. Solo menuju kota modern tapi tumpuannya tetap pada budaya," kata Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa usai pembukaan Munas XXI Asbanda Tahun 2022 di Sasana Handrawina Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Solo, Kamis.

Ia mengatakan selama ini hampir seluruh kegiatan diselenggarakan di hotel dan restoran. Oleh karena itu, pihaknya mengawali dengan kegiatan Asbanda agar diselenggarakan di Keraton Solo.

"Waktu saya sampaikan ke pak Nano (Ketua Umum Asbanda Supriyatno), seandainya Asbanda mau munas di sini saya tembungke (sampaikan) ke keraton, agar bisa masuk ke dalam keraton dan rapat di dalam keraton," katanya.

Ia mengatakan kegiatan Asbanda yang akhirnya diselenggarakan di dalam keraton tepatnya di Sasana Handrawina merupakan momentum tepat mengingat anggota Asbanda berasal dari seluruh Indonesia.

"Dengan begitu para tamu bisa tahu keraton, tahu Solo seperti apa. Sentuhan itu yang ingin kami sampaikan, ini di luar tarian, di luar UMKM. Tujuannya untuk memaknai nguri-uri budaya," katanya.

I