Beasiswa prestasi Kota Yogyakarta 2022 terserap 98 persen

id beasiswa prestasi,yogyakarta,sd,smp

Beasiswa prestasi Kota Yogyakarta 2022 terserap 98 persen

Kepala UPT Jaminan Pendidikan Daerah Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta Mannarima (ANTARA/Eka AR)

Yogyakarta (ANTARA) - Program pemberian beasiswa prestasi di Kota Yogyakarta melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga dapat terserap 98 persen pada tahun 2022 atau diberikan kepada 354 peserta didik SD dan SMP atau sederajat yang dinyatakan lolos seleksi.

“Belum bisa terserap 100 persen karena ada kekosongan formasi penerima beasiswa di beberapa kelurahan,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Jaminan Pendidikan Daerah Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta Mannarima di Yogyakarta, Selasa.

Seleksi penerimaan beasiswa prestasi dilakukan per kelurahan berdasarkan nilai asesmen standarisasi pendidikan daerah pada tahun ini.

Di setiap kelurahan akan ada delapan siswa dari jenjang SD hingga SMP dan sederajat yang akan menjadi penerima beasiswa. Seleksi dibedakan untuk kategori siswa dari keluarga pemegang kartu menuju sejahtera (KMS) atau keluarga miskin dengan warga non-KMS.

“Hanya saja, banyak siswa dari keluarga KMS yang tidak percaya diri mengikuti seleksi beasiswa sehingga alokasinya yang tidak terserap justru berasal dari kategori KMS. Cukup disayangkan,” katanya.

Nilai beasiswa yang diberikan untuk jenjang SD/MI atau sederajat berkisar antara Rp1 juta hingga Rp1,2 juta untuk dua peringkat teratas, sedangkan untuk SMP/MTs mencapai Rp1,2 juta-Rp1,4 juta.

Siswa yang sudah ditetapkan sebagai penerima beasiswa diminta untuk segera menyerahkan nomor rekening atas nama siswa di BPD DIY. Harapannya, beasiswa sudah bisa ditransfer pada akhir Agustus atau paling lambat awal September.

Meskipun tidak terserap 100 persen, namun Mannarima menyebut penyerapan beasiswa pada tahun ini jauh lebih baik dibanding penyerapan selama dua tahun terakhir atau saat pandemi.

“Selama pandemi, serapan tidak terlalu baik karena kami hanya bisa membuka pendaftaran secara daring dengan mengisi google form sehingga banyak masyarakat yang tidak mengikutinya,” katanya.

Ia memastikan, program beasiswa prestasi tersebut akan terus dilanjutkan tahun berikutnya sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan semangat siswa Kota Yogyakarta meraih prestasi.

Selain memberikan beasiswa untuk siswa SD dan SMP, UPT JPD Kota Yogyakarta pada tahun ini juga kembali memberikan bantuan pendidikan untuk mahasiswa penduduk Kota Yogyakarta pemegang KMS yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi negeri atau swasta.

Nilai bantuan yang akan diberikan Rp1 juta untuk mahasiswa semester satu dan Rp2 juta untuk mahasiswa semester dua hingga tujuh.

Pendaftaran dapat dilakukan paling lambat 30 September dengan menyerahkan berkas persyaratan seperti fotokopi KMS, KK Kota Yogyakarta, surat keterangan aktif sebagai mahasiswa, transkrip nilai dengan IPK minimal 2,5.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024