KPU Kulon Progo terima 15 aduan keberatan masyarakat soal pencatutan nama

id Aduan masyarakat,KPU Kulon Progo ,Pemilu 2024

KPU Kulon Progo terima 15 aduan keberatan masyarakat soal pencatutan nama

Anggota KPU Kulon Progo terima aduan masyarakat karena keberatan namanya dimasukkan sebagai anggota partai politik. (ANTARA/HO-Dokumen KPU Kulon Progo)

Kulon Progo (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menerima 15 aduan masyarakat dan menyatakan keberatan telah dimasukkan sebagai anggota partai politik calon peserta Pemilihan Umum 2024 tanpa sepengetahuan mereka.

Ketua Divisi Teknis KPU Kulon Progo Tri Mulatsih di Kulon Progo, Kamis, mengatakan untuk memperoleh keterangan secara komprehensif, maka KPU Kulon Progo mengundang pihak pengadu untuk mendapatkan keterangan secara langsung.

"Selain itu, KPU mengundang partai politik untuk dimintai keterangan tentang aduan masyarakat yang keberatan karena namanya tercatat sebagai anggota partai politik," kata Tri Mulatsih.

Baca juga: Bawaslu Kulon Progo terima empat aduan masyarakat soal pencatutan nama

Ia mengatakan klarifikasi aduan masyarakat dibagi menjadi empat tahap, yakni tahap pertama tanggal 1 Agustus-14 September 2022,: tahap kedua tanggal 15 September-12 Oktober 2022; tahap ketiga tanggal 15 Oktober-9 November 2022, dan tahap keempat  tanggal 10 November-7 Desember 2022.

"Pada tahap pertama sudah terklarifikasi sembilan pengadu beserta partai politik terkait. Partai politik terkait dalam klarifikasi yang dilakukan telah menyatakan penerimaan keberatan dari pengadu," katanya.

Selanjutnya, hasil klarifikasi telah dituangkan kedalam berita acara yang hasilnya telah diserahkan kepada partai politik dan Bawaslu serta KPU RI. Berita acara tersebut akan menjadi pertimbangan KPU RI dalam penetapan partai politik.

Mengingat penetapan partai politik peserta Pemilu 2024 baru akan dilaksanakan pada 14 Desember 2022, maka KPU Kulon Progo dalam setiap kegiatan dan kesempatan menginformasikan kepada warga Kulon Progo agar yang ingin menyampaikan aduan terkait tahapan pendaftaran, verifikasi, dan partai politik dapat mengisi formulir aduan di laman kpu https:/helpdesk.kpu.go.id/tanggapan atau dapat langsung datang ke KPU Kulon Progo untuk menyampaikan aduan secara langsung.

"Kami memberikan pelayanan aduan setiap hari pada jam kerja," katanya

Baca juga: Terkait pencatutan nama, Bawaslu Gunungkidul terima tiga aduan masyarakat

Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2022