Imunisasi bakal dijadikan syarat masuk sekolah

id Aceh,Imunisasi,Aceh Timur,Pemerintah Aceh,Provinsi Aceh,Pemprov Aceh

Imunisasi bakal dijadikan syarat masuk sekolah

Ilustrasi - Petugas kesehatan mengukur pergelangan tangan pada anak saat berlangsung imunisasi di Posyandu, Kuta Alam, Banda Aceh, Aceh, Selasa (19/7/2022). ANTARA FOTO/Ampelsa.

Banda Aceh (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Aceh Timur mewacanakan surat keterangan imunisasi sebagai syarat bagi anak yang masuk sekolah, terutama sekolah dasar, di kabupaten tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Aceh Timur Sahminan melalui Penanggung Jawab Imunisasi Era Zarnila di Aceh Timur, Jumat, mengatakan surat keterangan tersebut bertujuan untuk memotivasi masyarakat melakukan imunisasi kepada anaknya.

"Kendala kami di lapangan saat ini masih banyak masyarakat tidak mengizinkan anaknya untuk diimunisasi. Bahkan masih ada orangtua tidak mengimunisasi anaknya karena meragukan kehalalan vaksin," kata Era Zarnila.

Padahal, kata Era Zarnila, vaksin imunisasi yang diberikan kepada anak tentunya sudah melewati semua prosedur. Termasuk kehalalan vaksin yang sudah terjamin,

Menurut Era Zarnila, anak yang belum mendapatkan imunisasi secara lengkap atau bahkan tidak pernah mendapatkan imunisasi sedari lahir menyebabkan rentan terhadap penyakit.

Ia menjelaskan, imunisasi meningkatkan kekebalan tubuh dan jika tidak diimunisasi bisa menyebabkan anak-anak mudah tertular penyakit berbahaya karena tidak adanya kekebalan tubuh terhadap penyakit.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Dinkes wacanakan surat keterangan imunisasi syarat masuk sekolah
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022