Swasta ciptakan lapangan kerja pariwisata berkualitas, kata Sandi

id Menparekraf, pariwisata, lapangan kerja, bali

Swasta ciptakan lapangan kerja pariwisata berkualitas, kata Sandi

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno (kiri) bersama Plt. Deputi Bidang Sumber Daya Kelembagaan Kemenparekraf Frans Xaverius Teguh (kanan) menyampaikan keterangan saat konferensi pers usai kegiatan G20 Tourism Ministerial Meeting (TMM) di Nusa Dua, Badung, Bali, Senin (26/9/2022). ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/tom.

Badung (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan bahwa sektor swasta memiliki peran dalam membantu menciptakan lapangan kerja bidang pariwisata yang berkualitas.

Sandiaga Uno di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Senin mengatakan terdapat persepsi yang menyebutkan bahwa pekerjaan di bidang pariwisata seperti di hotel atau restoran bukanlah pekerjaan yang layak. Mereka sering dianggap memiliki jalur karir terbatas dan upah yang sedikit.

“Jika sebelum pandemi COVID-19, kita hanya memikirkan kuantitas, kali ini kita juga harus memikirkan kualitas pekerjaan di bidang pariwisata," ujar Menparekraf.

Menurutnya, dukungan swasta dalam penciptaan lapangan berkualitas juga sesuai dengan pilar pertama G20 Bali Guidelines yang mempertimbangkan penciptaan lapangan kerja yang baik di bidang pariwisata.

"Itu dilakukan melalui berbagai instrumen kebijakan termasuk meningkatkan keterampilan dan kewirausahaan SDM pariwisata," kata Menparekraf Sandiaga Uno.

Ia menjelaskan Indonesia memiliki target penciptaan 1,1 juta lapangan kerja baru dan berkualitas di tahun 2022 dan 4,4 juta lapangan kerja baru dan berkualitas di tahun 2024.

Pentingnya upaya menyatukan peran pemerintah dan swasta untuk berkolaborasi dengan baik menurut Sandiaga, memungkinkan calon insan pariwisata mendapat pekerjaan yang layak, aman, adil, dan produktif.

Salah satu upaya yang bisa ditempuh yakni dengan mengatasi kesenjangan keterampilan. Pekerjaan yang lebih layak cenderung memiliki persyaratan keterampilan yang lebih tinggi.




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Sandiaga: Swasta ikut ciptakan lapangan kerja pariwisata berkualitas
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024