Disdukcapil Sleman menjemput bola aktivasi identitas kependudukan digital

id Disdukcapil Sleman ,Aktivasi identitas kependudukan ,Kabupaten Sleman ,Identitas Kependudukan ,Sleman

Disdukcapil Sleman menjemput bola aktivasi identitas kependudukan digital

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sleman menggelar layanan jemput bola aktivasi identitas jependudukan digital di Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman, Selasa (27/9/22). ANTARA/HO-Bagian Prokopim Setda Sleman

Sleman (ANTARA) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar layanan jemput bola aktivasi identitas kependudukan digital di Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman, Selasa.

"Kegiatan ini dalam rangka implementasi Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 72 Tahun 2022 tentang Standar dan Spesifikasi Perangkat Keras, Perangkat Lunak, dan Blangko Kartu Tanda Penduduk Elektronik Serta Penyelenggaraan Identitas Kependudukan Digital," kata Kepala Disdukcapil Kabupaten Sleman Susmiarto.

Menurut dia, pelayanan jemput bola aktivasi identitas digital ini dimulai dari pegawai Disdukcapil Sleman terlebih dahulu dan dilanjutkan kepada seluruh pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sleman.

"Kegiatan ini dilaksanakan secara bertahap mulai dari September yang selanjutnya pada 2023 ditargetkan kepada masyarakat," katanya.

Selain di lingkungan pemerintah daerah, layanan ini juga dibuka di seluruh kapanewon (kecamatan).

Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Sleman Endang Multasih mengatakan layanan aktivasi identitas kependudukan ini merupakan salah satu upaya Disdukcapil Sleman untuk mempercepat akses layanan publik.

"Tujuan dari implementasi ini arahnya memang ke arah digitalisasi yang mempercepat akses layanan publik," katanya.

Endang menambahkan bahwa dengan adanya aplikasi Identitas Kependudukan Digital ini dapat mempermudah masyarakat karena semua dokumen sudah dapat diakses secara digital melalui gawai dengan barcode.
 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024