Menparekraf: Jangan saling salahkan soal tragedi Kanjuruhan

id Sandiaga,Tragedi Kanjuruhan,Kanjuruhan,Wisata Olahraga

Menparekraf: Jangan saling salahkan soal tragedi Kanjuruhan

Ratusan suporter bola di Kota Medan, Sumatera Utara menyalakan 1.000 lilin hingga doa bersama di Taman Ahmad Yani, Medan pada Senin (3/10/2022) malam, sebagai bentuk berduka cita dan belasungkawa atas tragedi kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang, yang menewaskan ratusan orang. (ANTARA/Nur Aprilliana Br Sitorus)

Jakarta (ANTARA) - Masyarakat jangan saling salahkan dan tuding atas siapa yang bertanggung jawab atau salah dalam tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, pinta Menparekraf Sandiaga Uno.

“Keprihatinan ini harus membuat kita melakukan koreksi. Jangan saling tuding-menuding, tapi kita lakukan usut tuntas, kita perbaiki dan koreksi. Jika ada kesalahan, tentunya harus ada yang bertanggung jawab,” ucap dia dalam The Weekly Brief with Sandi Uno yang dipantau secara virtual, Jakarta, Senin.

Atas nama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, pihaknya turut prihatin dan berbela sungkawa sedalam-dalamnya kepada korban dan keluarga korban tragedi Kanjuruhan. Dia juga mengharapkan para korban yang masih dirawat semoga lekas sembuh.

“Kami berharap peristiwa ini dapat diusut secara tuntas sehingga tidak terulang lagi dalam event olahraga tanah air,” ungkap Sandiaga.

Seperti diketahui, tutur Menparekraf, salah satu pariwisata yang sedang dikembangkan oleh Kemenparekraf adalah wisata olahraga (sport tourism). Perkembangan wisata olahraga disebut mulai meningkat dari segi prestasi dan cara menampilkan ajang olahraga yang dikemas sebagai daya tarik, hiburan, serta potensi wisata.

Pada tahun 2023, Indonesia dinyatakan bakal menyelenggarakan FIFA Piala Dunia U-23. Menyikapi hal tersebut, seluruh pihak harus memastikan bahwa Indonesia akan menjadi tuan rumah yang baik.

“Kami berharap ini (tragedi Kanjuruhan) tidak akan menjadikan Indonesia sebagai negara yang tidak menyelenggarakan event dengan baik karena ini hanya merupakan satu dari ribuan kegiatan event olahraga yang kami lakukan. Ini juga harus menjadi pelajaran bagi kita mengelola event ke depan,” kata Sandiaga.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Tragedi Kanjuruhan, Sandi: Jangan saling tuding-menuding

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024