Ketua DPR apresiasi dukungan UEA dan Australia bangun IKN

id DPR RI,ketua dpr,p20, puan maharani

Ketua DPR apresiasi dukungan UEA dan Australia bangun IKN

Ketua DPR RI Puan Maharani menyampaikan pidato saat mengikuti pembukaan Parliamentary Forum and the 8th G20 Parliamentary Speakers' Summit (P20) di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (5/10/2022). P20 merupakan Forum Parlemen Negara-Negara G20 yang diselenggarakan dalam satu rangkaian KTT G20, dalam forum tersebut DPR mengusung tema "Stronger Parliament for Sustainable Recovery" dan akan diselenggarakan pada 5-7 Oktober 2022. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww. (ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA)

Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani mengapresiasi dukungan parlemen Uni Emirat Arab (UEA) dan Australia untuk pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Saat bertemu Ketua Dewan Federal Nasional Uni Emirat Arab Saqr Ghobash, ia mengatakan kehadiran investasi UEA di IKN akan menjadi simbol baru eratnya hubungan kedua negara.

"Saya berharap agar pembentukan pendanaan pembangunan IKN atau 'IKN Fund' oleh Indonesia dan UEA dapat berjalan secara lancar," kata Puan saat pertemuan bilateral dengan Saqr Ghobash di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu.



Pertemuan antara Puan dengan Pimpinan Parlemen UEA dan Australia dilakukan dalam waktu terpisah di Gedung DPR RI, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu.

Puan menegaskan bahwa DPR menyambut baik peningkatan investasi UEA di Indonesia, khususnya investasi pada pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang mengusung konsep hijau.

UEA telah menaruh investasi senilai 20 miliar dolar AS atau setara Rp299,5 triliun untuk proyek ibu kota baru Indonesia.

Puan menyinggung eratnya hubungan antara Indonesia dengan UEA terutama Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated diberi nama salah satu tokoh sentral UEA, yaitu Mohamed Bin Zayed al Nahyan (MBZ) berkat investasi negara tersebut di Indonesia.



Dia menilai semakin kuatnya hubungan kedua negara karena didukung kesamaan nilai-nilai yang dijunjung Indonesia seperti toleransi dan moderasi.

“Saya mengapresiasi nilai perdagangan antara Indonesia dan UEA yang telah mencapai 4 miliar dolar AS pada tahun 2021. Saya berharap nilai ini dapat terus meningkat seiring peningkatan hubungan kedua negara,” ujarnya.

Dia mengapresiasi kerja sama Indonesia dan UEA melalui penandatanganan Indonesia-United Arab Emirates-Comprehensive Economic Partnership Agreement (IUEA-CEPA) pada Juli 2022.

Sementara itu, Puan mengapresiasi kunjungan kenegaraan PM Australia Anthony Albanese ke Bogor, Jawa Barat, dalam rangka Annual Leaders’ Meeting pada Juni 2022 serta konfirmasi kehadiran PM Australia pada KTT G20 di Bali dan pemberian beasiswa di bidang prioritas G20.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Puan apresiasi dukungan UEA dan Australia bangun IKN Nusantara
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024