BPBD Bantul meminta warga pangkas pohon rimbun antisipasi tumbang

id Antisipasi tumbang ,Potensi bencana ,Hadapi musim hujan

BPBD Bantul meminta warga pangkas pohon rimbun antisipasi tumbang

Ilustrasi - Kejadian pohon tumbang timpa rumah karena cuaca ekstrem di wilayah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. ANTARA/HO- BPBD Bantul

Bantul (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, meminta masyarakat melakukan pemangkasan ranting ataupun dahan pohon yang rimbun antisipasi tumbang memasuki musim hujan.

"Imbauan dari BPBD terkait menghadapi musim hujan ini, dengan melakukan kegiatan kegiatan mitigasi, seperti pemangkasan pohon yang terlalu rimbun di sekitarnya," kata Komandan Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Bantul, Aka Luk Luk Firmansyah di Bantul, Rabu.

Menurut dia, pemangkasan ranting pohon yang rimbun selain bisa dilakukan masyarakat secara mandiri juga melibatkan forum pengurangan risiko bencana (FPRB) yang terbentuk di masing-masing kelurahan.

"Dan kebetulan kita punya FPRB di setiap kelurahan, paling tidak 75 kelurahan sudah punya FPRB, kemudian untuk level kecamatan itu sekarang sudah terbentuk semua, tinggal beberapa yang belum pengukuhan, dan FPRB kabupaten ada," katanya.

Selain pemangkasan pohon, kata dia, masyarakat juga bisa mulai melakukan pembersihan drainase atau aliran selokan di sekitar permukiman, terutama yang mampat karena sampah yang bisa menjadi sumber potensi banjir.

"Dan terus melakukan pengecekan wilayah lagi, apalagi hujan kemarin cukup lebat, sehingga wilayah yang memiliki tingkat risiko longsor tinggi masyarakat bisa melakukan pengecekan mandiri, apakah ada tanda tanda longsor," katanya.

Dia juga berharap apabila masyarakat di wilayah rawan longsor menjumpai adanya gerakan tanah atau tanah retak, atau keluar mata air mendadak agar menjadi kewaspadaan bersama.

"Kalau fenomena itu muncul harus segera melakukan tindakan dan melaporkan kepada petugas terkait di wilayahnya," katanya.

Dia juga mengatakan, menghadapi potensi ancaman kejadian di musim hujan ini, akan mengaktifkan 29 posko siaga yang tersebar di kelurahan-kelurahan rawan bencana dan satu posko Induk di Kantor BPBD Bantul.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024