Penyebaran pupuk lahan pertanian gunakan "drone"

id drone pertanian,pemkab kediri gunakan drone bantu petani

Penyebaran pupuk lahan pertanian gunakan "drone"

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana saat uji coba drone bantu petani di Kediri, Jawa Timur. ANTARA/ HO-Kominfo Kabupaten Kediri

Kediri (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kediri, Jawa Timur, melengkapi fasilitas pertanian di daerah ini dengan drone untuk membantu petani menyebarkan pupuk sehingga lebih menghemat waktu dan jangkauan lebih luas.

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana, di Kediri, Jumat, mengemukakan program ini sebagai upaya memberikan semangat bagi petani, terlebih lagi untuk kalangan petani milenial.

Hal ini, katanya, seiring menggelorakan smart farming yang selama ini didengungkan pemkab guna mendukung pengelolaan kawasan agropolitan di wilayah kabupaten.

"Program ini menggelorakan smart farming untuk mendukung pengelolaan kawasan agropolitan. Saya rasa ini program yang sangat seksi untuk membangkitkan semangat teman-teman petani milenial," katanya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan (Dispertabun) Kabupaten Kediri Anang Widodo menjelaskan pemanfaatan drone merupakan salah satu upaya membantu petani mempercepat pemberian pupuk tanaman mereka.

Ia mengatakan pemberian pupuk atau obat dengan penggunaan drone, sekaligus membantu pengendalian hama dalam waktu singkat. Dengan "drone" lebih mudah dan jangkauannya lebih luas, bahkan petani bisa menghemat waktu dan tenaga karena memanfaatkan teknologi dalam mengelola pertanian.

"Penggunaan drone bisa mengendalikan hama secara serentak karena lahan yang bisa terjangkau lebih luas," katanya.

 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024