Ini empat sumber pertumbuhan untuk jadi negara maju

id Indonesia 2045,bambang ps brodjonegoro

Ini empat sumber pertumbuhan untuk jadi negara maju

Tangkapan Layar - Kepala Bappenas Kabinet Kerja 2016-2019 Bambang PS Brodjonegoro dalam acara puncak Indonesia Developmen Forum (IDF) 2022 yang dipantau di Jakarta, SENIN (21/11/2022). ANTARA/Muhammad Heriyanto

Jakarta (ANTARA) - Kepala Bappenas Kabinet Kerja 2016-2019 Bambang PS Brodjonegoro menyampaikan empat sumber pertumbuhan yang dapat dimaksimalkan oleh Indonesia untuk mencapai tujuannya menjadi negara maju pada 2045.

Keempat sumber pertumbuhan ini meliputi manufaktur/ industri pengolahan, ekspor di bidang jasa (service), ekonomi digital, dan ekonomi hijau (green economy), katanya dalam acara puncak Indonesia Development Forum (IDF) 2022 yang dipantau di Jakarta, Senin.

Di sektor manufaktur, kata Bambang, Indonesia harus membangun industri yang kompleks (hilirisasi industri) untuk meningkatkan nilai tambah produk yang dihasilkan sebelum diekspor ke mancanegara.

“Satu aspek yang harus kita dorong adalah kita harus tingkatkan komplektisitas dari produk yang dihasilkan, tidak hanya mengejar dari growth of manufacturing tetapi juga quality of product,” kata Bambang.

Sementara di ekspor di bidang jasa, Indonesia seharusnya tidak hanya berpaku pada ekspor dan impor barang, seperti yang terjadi selama ini, mengingat beberapa negara Asia menjadi maju karena keberhasilannya memaksimalkan potensi ekspor di bidang jasa.

“Kita harus mengeksplor yang bisa kita ekspor. Ekspor jasa Korea Selatan kuat melalui K-Pop, Drama Korea (Drakor). Itu ekspor utama, dan menyelamatkan neraca ekspor jasa dan sumber pertumbuhan mereka,” kata Menteri Keuangan Kabinet Kerja 2014-2016 ini.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Bambang Brodjonegoro: Empat sumber pertumbuhan untuk jadi negara maju
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024