Kemensos bantu pemenuhan kebutuhan air bersih di Gunungkidul

id air bersih gunungkidul,bantuan kementerian sosial,penanganan kekeringan

Kemensos bantu pemenuhan kebutuhan air bersih di Gunungkidul

Menteri Sosial Tri Rismaharini meresmikan instalasi pengolahan air terpadu di Desa Gombang, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (21/11/2022). (ANTARA/HO-Kemensos)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Sosial telah membangun instalasi pengolahan air untuk membantu memenuhi kebutuhan air bersih di bagian wilayah Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sebagaimana dikutip dalam siaran pers kementerian di Jakarta, Rabu, Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan bahwa instalasi pengolahan air terpadu telah dibangun di Desa Gombang, Kecamatan Ponjong, yang sering mengalami kekeringan.

Instalasi pengolahan air terpadu yang dibangun dalam Program Keserasian Sosial tersebut diresmikan pada Senin (21/11).

Dengan keberadaan instalasi tersebut, warga Desa Gombang yang sebelumnya harus menggunakan air yang keruh dan berkapur kini bisa menikmati air bersih.

Kementerian Sosial melakukan survei untuk menentukan lokasi pemasangan instalasi pengolahan air terpadu di Desa Gombang.

"Walaupun tim saya melaporkan bahwa lokasi penarikannya jauh, saya putuskan kita harus jalan terus. Kesulitannya tidak seberapa dibanding kebutuhan dan kebermanfaatan bagi masyarakat," kata Menteri Sosial.

Ia mengatakan bahwa instalasi pengolahan air terpadu sudah dipasang di Dusun Ketonggo dan Dusun Pakrandu di Desa Gombang dan selanjutnya akan dipasang di perdukuhan yang lain.

"Kebutuhannya sembilan perdukuhan, jadi masih kurang tujuh. Ke depan mudah-mudahan bisa kita realisasikan bersama yang kurang," katanya.


 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kementerian Sosial bantu pemenuhan kebutuhan air bersih di Gunungkidul
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2024