Tumbuh positif ekonomi Indonesia, tapi jangan lengah

id OJK,pertumbuhan ekonomi,FTX,Legoland,bonds rush

Tumbuh positif ekonomi Indonesia, tapi jangan lengah

Tangkapan layar Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar saat memberikan sambutan dalam CEO Networking 2022 di Jakarta, Kamis (24/11/2022). ANTARA/Citro Atmoko

Jakarta (ANTARA) - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar mengatakan perekonomian Indonesia saat ini memang tumbuh positif, namun tetap tidak boleh lengah di tengah gejolak ekonomi global yang diprediksi masih terus berlanjut.

"Kita siapkan diri mengantisipasi masuk ke tahun-tahun depan ini. Jangan berandai-andai bahwa Indonesia pertumbuhannya tetap di atas lima, bahkan untuk beberapa waktu terakhir mencapai rekor 5,72 persen untuk kuartal tiga itu kita harus syukuri, tapi lesson learned tadi mengatakan kita tidak boleh lengah," ujarnya dalam CEO Networking 2022 di Jakarta, Kamis.

Lesson learned atau pelajaran yang bisa diambil yang dimaksud oleh Mahendra adalah terjadinya bonds rush di Inggris, bangkrutnya bursa kripto FTX, hingga gagal bayar Legoland asal Korea Selatan.

Menurut dia, risiko-risiko yang akan muncul pada waktu mendatang bisa muncul dari mana pun.

Berdasarkan pengalaman sebelumnya, lanjut Mahendra, risiko yang bersifat sistemik biasanya datang dari perbankan, baik bank komersial maupun bank investasi. Kendati demikian, sepanjang tahun ini saja, risiko-risiko yang muncul justru bukan dari perbankan.

"Pertama bagaimana kebijakan perpajakan fiskal suatu negara yaitu Inggris kemudian menyebabkan krisis suku bunga dan juga kepercayaan kepada obligasi pemerintahnya dan lalu menyebabkan bonds rush. Itu tidak terbayangkan di waktu yang lalu bahwa bonds rush itu bisa datang justru dari kebijakan fiskal, apalagi di negara maju'," katanya.

Selanjutnya, kebangkrutan salah satu pasar kripto terbesar di dunia yaitu FTX dengan produknya FTT. Persoalan tata kelola, transparansi, dan juga pengawasan.




"

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ketua OJK: Ekonomi Indonesia tumbuh positif, tapi tak boleh lengah