Kongres Pemda se-Asia Timur kerja sama industri-pariwisata

id Kongres Pemda se-Asia Timur, Jawa Barat

Kongres Pemda se-Asia Timur kerja sama industri-pariwisata

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menghadiri General Session Kongres Pemda Se-Asia Timur ke-11 dilanjutkan penandatanganan MoU Pemdaprov Jabar dan Shizuoka Prefecture di Trans Luxury Hotel, Kota Bandung, KamisĀ  (24/11/2022). (ANTARA/HO-Humas Pemda Jawa Barat)

Bandung (ANTARA) -
Kongres Pemerintah Daerah Se-Asia Timur ke-11 menghasilkan kerja sama di bidang industri dan pariwisata dari ketujuh negara anggota yang hadir.
 
Seluruh delegasi dari Indonesia, Vietnam, China, Korea Selatan, Malaysia, Jepang, dan Filipina, sepakat akan saling mendukung demi pertumbuhan ekonomi pascapandemi COVID-19.
 
"Ada dua poin utama yaitu kerja sama di bidang industri, sehingga kita bisa saling jual beli, saling berinvestasi sesama negara anggota," kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam keterangan tertulisnya, Jumat.
 
"Yang kedua membuka yang namanya gerbang pariwisata. Disepakati semua negara, pariwisata adalah cara paling cepat dalam membangkitkan ekonomi lokal masing-masing, apalagi kalau kita saling promosi di negara-negara anggota kongres ini," tambahnya.
 
Ridwan Kamil juga menilai penyelenggaraan KTT G20 memberikan stimulus bagi pelaksanaan Kongres Pemda se-Asia Timur, sehingga Indonesia selalu dipercaya sebagai tuan rumah diplomasi negara dalam menghasilkan sebuah kebijakan.
 
"Acara ini juga beriringan dengan KTT G20 di Bali, sehingga kita bisa menyaksikan Indonesia banyak dipercaya dalam menyelenggarakan diplomasi berkelompok di dunia, maupun di level Benua Asia," kata Ridwan Kamil.
 
Tak hanya itu, dia juga menyebut, ekonomi digital menjadi kekuatan yang dapat mengiringi kesepahaman tentang kerja sama di bidang industri dan pariwisata.
 
 
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024