Dinkes Kulon Progo upayakan cakupan vaksinasi penguat 50 persen di akhir 2022

id vaksinasi kulon progo,covid kulon progo,vaksinasi penguat

Dinkes Kulon Progo upayakan cakupan vaksinasi penguat 50 persen di akhir 2022

Pelayanan vaksinasi COVID-19 dosis penguat bagi warga lanjut usia di Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. (ANTARA/Sutarmi)

Kulon Progo (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta mengupayakan cakupan vaksinasi dosis penguat bisa mencapai 50 persen dari total 378.177 warga yang menjadi sasaran vaksinasi COVID-19 di wilayahnya pada akhir 2022.

Kepala Dinas Kesehatan Kulon Progo Sri Budi Utami di Kulon Progo, Selasa, mengatakan bahwa sampai saat ini vaksinasi COVID-19 dosis penguat baru dilakukan pada 120.330 orang atau 31,82 persen dari target.

"Kami mengupayakan supaya cakupan vaksinasi penguat bisa mendekati 50 persen (pada akhir tahun)," katanya.

Baca juga: Dinkes DIY optimistis target vaksinasi penguat capai 50 persen hingga akhir tahun

Guna mencapai target cakupan vaksinasi COVID-19, Dinas Kesehatan Kulon Progo bersinergi dengan semua pihak untuk menggerakkan masyarakat menjalani vaksinasi serta mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dengan melaksanakan vaksinasi di padukuhan.

"Dalam kondisi ada warga yg terkendala mobilitasnya, maka kita lakukan vaksinasi door to door (dari rumah ke rumah). Kami juga menambah jadwal vaksinasi baik di fasilitasi kesehatan maupun di luar fasilitas kesehatan," kata Sri Budi Utami.

Ia mengemukakan, kendala pencapaian target cakupan vaksinasi COVID-19 saat ini adalah menurunnya minat masyarakat menjalani vaksinasi karena menganggap situasi sudah aman, kekebalan sudah meningkat, sudah tidak banyak yang terinfeksi virus corona, dan tidak banyak penderita yang mengalami gejala berat.

"Masyarakat merasa sudah cukup sampai vaksin dosis kedua, tidak perlu vaksin penguat lagi," katanya.

Ia mendorong warga untuk menjalani vaksinasi penguat guna meningkatkan ketahanan tubuh terhadap infeksi virus corona penyebab COVID-19 beserta varian-variannya.

Mengenai stok vaksin COVID-19, ia mengatakan, Dinas Kesehatan sudah mendistribusikan 75 vial vaksin Pfizer ke fasilitas pelayanan kesehatan.

Sementara itu, Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kulon Progo Baning Rahayujati mengatakan bahwa dalam dua bulan terakhir angka kasus harian COVID-19 cenderung naik. Sekarang, angka kasus  COVID-19 berkisar 15 sampai 25 kasus per hari di Kulon Progo.

Menurut data Dinas Kesehatan saat ini masih ada 116 pasien COVID-19 yang menjalani perawatan dan atau karantina di wilayah Kulon Progo.

Baning mengimbau warga menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus corona penyebab COVID-19.

Baca juga: Vaksinasi penguat dosis kedua lansia digencarkan