Luhut sebut ada investasi 31 miliar dolar AS siap dieksekusi

id Luhut binsar pandjaitan, investasi, fdi, hilirisasi, investasi hilirisasi

Luhut sebut ada investasi 31 miliar dolar AS siap dieksekusi

Presiden Jokowi (ketiga kanan) didampingi Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia (kedua kanan), Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (ketiga kiri), Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (kedua kiri), dalam Rakornas Investasi 2022 di Jakarta, Rabu (30/11/2022). ANTARA/HO-Kementerian Investasi/BKPM

Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan ada investasi senilai 30,9 miliar dolar AS di sektor hilirisasi yang siap dieksekusi agar bisa memberikan manfaat bagi ekonomi Indonesia.

Menurut dia, investasi tersebut sedang tahap konstruksi dan atau menunggu persetujuan investasi sehingga potensi tersebut harus bisa dieksekusi dengan memberikan kemudahan perizinan dan fasilitas investasi.

"Di pipeline kita tahun depan sudah ada hampir 31 miliar dolar AS yang harus bisa kita eksekusi," katanya dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Investasi 2022 di Jakarta, Rabu.

Luhut menjelaskan, di tengah kondisi ekonomi global 2023 yang akan jauh lebih sulit, salah satu opsi untuk mendorong pertumbuhan adalah dengan menarik investasi asing (FDI) sebanyak-banyaknya melalui program hilirisasi.

"Realisasi investasi harus difokuskan pada percepatan pemberian izin, agar pipeline investasi yang sudah ada bisa diwujudkan. Jadi jangan daerah-daerah ada yang memperlambat izin, tapi jangan juga melanggar aturan," katanya.

Total pipeline investasi tersebut mencapai 30,9 miliar dolar AS sampai dengan 2026 dan tersebar di Kalimantan, Sulawesi hingga Maluku Utara.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Luhut: Ada investasi 31 miliar dolar AS siap dieksekusi