Aparat hukum-keamanan harus berbenah jelang Pemilu 2024

id Mahfud MD,Pemilu 2024

Aparat hukum-keamanan harus berbenah jelang Pemilu 2024

Tangkapan layar - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD dalam acara Kompas100 CEO Forum di Istana Negara, Jakarta, Jumat (2/12). (ANTARA/Indra Arief Pribadi)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengatakan aparat penegak hukum dan keamanan harus berbenah menjelang Pemilu 2024.

“Kalau untuk pengamanan pemilu itu kira-kira tak ada konflik, tetapi kalau soal lain-lain, soal mafia, soal apa, saya kira harus kita akui aparat keamanan dan aparat penegak hukum kita ini harus dibenahi menjelang Pemilu 2024,” kata Mahfud MD dalam acara Kompas100 CEO Forum di Istana Negara, Jakarta, Jumat.

Mahfud MD mengatakan yang paling penting saat ini adalah menyiapkan konsolidasi agar aparat keamanan dan aparat penegak hukum berbenah menjelang Pemilu 2024, termasuk upaya pemerintah dalam membuat instrumen hukum yang memadai.

“Saya tidak perlu menyampaikan sekarang masalah-masalah apa sebenarnya di bidang penegakan hukum kita ini, kok tampaknya menjadi rumit. Tetapi yang penting terus kami akan siapkan konsolidasi,” ujarnya.

Menurut Mahfud MD, pembenahan aparat keamanan dan penegak hukum akan berdampak jangka panjang, bukan hanya untuk kesiapan menjelang tahun politik pada 2024.
 

“Bukan hanya menyongsong 2023, tetapi di titik-titik penting, kemudian 2030, kemudian 2045,” ujarnya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Mahfud: Aparat hukum dan keamanan harus berbenah jelang Pemilu 2024

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024