Dirumuskan, kampanye politik adu gagasan Pemilu 2024

id Kampanye Adu Gagasan,KPU RI,Pemilu 2024

Dirumuskan, kampanye politik adu gagasan Pemilu 2024

Tangkapan layar - Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari dalam acara Konsolidasi Nasional KPU di Ancol, Jakarta Utara, Jumat (2/12/2022). (ANTARA/Youtube Sekretariat Presiden/pri)

Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI merumuskan aturan dan tata pelaksanaan kampanye Pemilu 2024 yang mengedepankan politik adu gagasan, sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo dalam Konsolidasi Nasional KPU di Ancol, Jakarta Utara, Jumat.

"Saya kira yang disampaikan oleh Pak Presiden (Jokowi) tentang adu gagasan itu penting di dalam kampanye, yang kemudian kami jadikan bahan untuk merumuskan apa sih kampanye dalam bentuk adu gagasan itu," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari usai menghadiri peluncuran maskot dan jingle Pemilu 2024 di Ancol, Jakarta Utara, Jumat.

Sejauh ini, lanjut Hasyim, KPU berpendapat bahwa rumusan mengenai kampanye yang mengedepankan politik adu gagasan itu perlu mempertimbangkan beberapa faktor, yakni forum atau media sebagai wadah para peserta pemilu untuk menyampaikan ide-ide mereka.

Pertimbangan tersebut, tambahnya, juga tidak terlepas dari situasi pandemi COVID-19 yang membuat kampanye di tempat terbuka dibatasi.

"Terutama sejak Pilkada 2020, yang dalam situasi COVID itu, bentuk kampanye dalam pertemuan-pertemuan terbuka dan melibatkan banyak orang dihindari, sehingga saya rasa relevan apa yang disampaikan oleh Presiden itu," jelasnya.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: KPU rumuskan kampanye politik adu gagasan dalam Pemilu 2024
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024