Di tengah perang, pejabat Ukraina secara massal mundur

id Ukraina,Rusia,Korupsi Ukraina

Di tengah perang, pejabat Ukraina secara massal mundur

Arsip - Bendera Ukraina terlihat dengan latar belakang asap yang membubung ke langit di Kiev, Ukraina (27/2/2022). (ANTARA/Xinhua/Lu Jinbo/aa)

Istanbul (ANTARA) - Sejumlah pejabat Ukraina menyatakan mundur atau dibebastugaskan dari jabatannya pada Selasa di tengah perang melawan Rusia dan upaya pemberantasan korupsi di tubuh pemerintah.

Sekretaris Kabinet Oleh Nemchinov mengumumkan bahwa empat wakil menteri telah dicopot dari jabatannya.

Mereka adalah Vyacheslav Shapovalov dari Kementerian Pertahanan, Ivan Lukerya dan Vyacheslav Nehoda dari Kementerian Pembangunan Masyarakat, Wilayah, dan Infrastruktur, dan Vitaliy Muzychenko dari Kementerian Kebijakan Sosial.

Dalam pernyataan di Telegram itu, beberapa pejabat lain yang juga dipecat adalah gubernur wilayah Kiev, Dnipropetrovsk, Zaporizhzhia, Kherson, dan Sumy,.

Dalam unggahan terpisah di aplikasi pesan tersebut, Taras Melnychuk, perwakilan resmi pemerintah di parlemen, mengatakan bahwa deputi Anatoliy Ivankevych dan Viktor Vyshnyov dari Badan Negara Transportasi Laut dan Sungai juga telah diturunkan dari posisi mereka.

Sebelumnya, Kyrylo Tymoshenko, wakil kepala Kantor Kepresidenan Ukraina, mengumumkan pengunduran diri sehari setelah Presiden Volodymyr Zelenskyy menandatangani keputusan pemecatannya.

Shapovalov juga telah mengajukan surat pengunduran diri, kata Kemenhan Ukraina.

“Vyacheslav Shapovalov, yang bertanggung jawab atas dukungan Angkatan Bersenjata Ukraina, meminta untuk diberhentikan... sebagai akibat dari tuduhan terkait pengadaan makanan," kata pernyataan itu.

Wakil Jaksa Agung Oleksiy Symonenko juga diberhentikan dari jabatannya, menurut pernyataan dari Kejaksaan Agung.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pejabat Ukraina ramai-ramai mundur, dipecat di tengah tuduhan korupsi
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2023