Eektabilitas Ganjar melesat tinggi

id Survei Polmatrix,Elektabilitas Ganjar,Ganjar Pranowo,Elektabilitas capres

Eektabilitas Ganjar melesat tinggi

Hasil survei Polmatrix terkait elektabilitas calon presiden, diterima di Jakarta, Rabu (25/1/2023). ANTARA/HO-Polmatrix

Jakarta (ANTARA) - Hasil survei Polmatrix menunjukkan elektabilitas Ganjar Pranowo mencapai 25,3 persen, sedangkan Anies Baswedan untuk sementara menduduki peringkat kedua dengan elektabilitas 22,0 persen disusul Prabowo Subianto sebesar 21,1 persen.

“Elektabilitas Ganjar tak terkejar, di bawahnya Anies dan Prabowo bersaing di tiga besar bursa capres,” kata Direktur Eksekutif Polmatrix Indonesia Dendik Rulianto dalam hasil survei yang diterima di Jakarta, Rabu.

Menurut Dendik, naiknya elektabilitas Ganjar semakin meningkatkan peluang Gubernur Jawa Tengah itu untuk bisa mendapatkan tiket capres. Pada HUT Ke-50 PDIP beberapa waktu lalu banyak kalangan menduga Ganjar akan diumumkan sebagai capres yang bakal diusung.

“PDIP masih menunggu momentum yang tepat, di mana partai-partai lain juga dalam posisi wait-and-see terhadap keputusan PDIP,” kata Dendik.

PDIP merupakan satu-satunya partai yang berhak mengajukan pasangan capres-cawapres tanpa perlu berkoalisi. Pilihan PDIP untuk mengusung capres dan apakah akan berkoalisi dengan partai lain sangat menentukan peta politik mendatang.

“Tingginya elektabilitas Ganjar menjadi salah satu pertimbangan PDIP dalam menentukan keputusan menjelang Pemilu 2024,” kata Dendik.

Di luar tiga besar, katanya, ada nama-nama seperti Ridwan Kamil (5,4 persen), Agus Harimurti Yudhoyono (4,7 persen), dan Sandiaga Uno (4,0 persen).

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Survei Polmatrix tunjukkan elektabilitas Ganjar capai 25,3 persen
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024