Sleman raih penghargaan Daerah Ramah Perempuan

id Daerah Ramah Perempuan ,Kabupaten Sleman ,Kementerian PPPA ,Bupati Sleman ,Sleman

Sleman raih penghargaan Daerah Ramah Perempuan

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menerima penghargaan Daerah Ramah Perempuan dan Layak Anak tahun 2022 yang diserahkan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati di gedung Pracimosono Kantor Gubernur DIY, Kamis (26/1/2023). ANTARA/HO-Bagian Prokopim Setda Sleman

Sleman (ANTARA) - Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, menjadi satu-satunya kabupaten se-Indonesia yang mampu meraih penghargaan Daerah Ramah Perempuan dan Layak Anak tahun 2022 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati, kepada Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo di gedung Pracimosono Kantor Gubernur DIY, Kamis.

Sedangkan Provinsi DIY juga menjadi satu-satunya provinsi yang mampu meraih penghargaan serupa.

Sementara untuk kategori kota diraih oleh Kota Surabaya dan Kota Denpasar.



Penghargaan ini diserahkan saat Rapat Koordinasi Pengendalian Pembangunan Daerah DIY Triwulan IV Tahun 2022.

Deputi Bidang Kesetaraan Gender Kementerian PPPA Lenny N Rosalin mengatakan ada lima indikator penilaian yang digunakan untuk menentukan peraih penghargaan kategori provinsi, di antaranya Indeks Pembangunan Manusia, Indeks Pembangunan Gender, Indeks Pemberdayaan Gender, Indeks Perlindungan Anak, dan peringkat anugerah Parahita Ekapraya pada tahun berjalan untuk kategori provinsi.

"Kemudian untuk kabupaten ditambah lagi indikator peringkat Kabupaten Layak Anak," katanya.

Ia mengatakan saat ini jumlah perempuan dan anak di Indonesia mencakup dua per tiga dari jumlah penduduk di Indonesia, yang terdiri dari 49,5 persen perempuan dan anak 31,6 persen anak.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo usai menerima penghargaan mengaku bangga sekaligus mengapresiasi semua pihak yang telah berupaya mewujudkan Kabupaten Sleman sebagai Daerah Ramah Perempuan dan Layak Anak tahun 2022.

Ia mengajak jajaran Pemkab Sleman dan semua pihak terkait untuk berupaya mempertahankan serta meningkatkan prestasi ini.

"Mari berkolaborasi untuk mempertahankan prestasi ini. Penghargaan ini untuk seluruh masyarakat Kabupaten Sleman," katanya.*



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Sleman satu-satunya peraih penghargaan Daerah Ramah Perempuan
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024