"Buah tangan" UKM Indonesia rambah Swiss dan Eropa

id Menteri koperasi dan UKM ,Teten Masduki ,UMKM Bali ,Krisna Oleh-Oleh

"Buah tangan" UKM Indonesia rambah Swiss dan Eropa

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki melihat sejumlah produk UMKM yang tersedia di Outlet Serba Ajik di Jalan Dewi Sri, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali, Kamis (27/1/2023). ANTARA/Rolandus Nampu

Badung, Bali (ANTARA) -
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki berharap oleh-oleh khas usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Indonesia menembus pasar internasional khususnya Swiss dan Eropa.
 
Teten Masduki saat meresmikan Gerai Serba Ajik di Jalan Dewi Sri, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali, Kamis malam, mengatakan, pihaknya sedang merintis jalan agar produk UMKM menembus pasar global.
 
"Kami sedang merintis jalan bagaimana produk-produk UMKM kita masuk ke pasar global. Skor kita baru 15 persen untuk UMKM. Kami bersama Kadin (Kamar Dagang dan Industri) di Swiss sudah membuka Indonesian Trading House," kata Teten.
 
Teten mengatakan pendirian Indonesia Trading House di Swiss, terutama bertujuan untuk membuka peluang masuknya produk-produk UMKM Indonesia ke pasar luar negeri.
 
Karena itu, Teten Masduki berharap oleh-oleh Serba Ajik yang diresmikannya pada kesempatan tersebut ikut berpartisipasi membawa UMKM Indonesia bersaing di pasar global.
 
 
"Kebetulan kerja sama Swiss dengan Indonesia sudah ditandatangani. Jadi, produk-produk Indonesia masuk ke Swiss tanpa bea masuk. Kalau dengan Eropa union belum selesai. Jadi, kita bisa memanfaatkan pintu masuk produk kita ke Swiss lalu kita akan masuk ke Eropa," kata Teten.
 
Teten mengatakan pihaknya akan bekerja sama juga dengan perusahaan logistik yang ada di Swiss untuk menjadi distributor yang memudahkan produk UMKM Indonesia masuk dan bersaing dengan produk lainnya.
 
Dengan kerja sama tersebut, Teten berharap Indonesia mendapat keringanan dalam biaya logistik.
 
Selain menembus pasar internasional, Teten Masduki tetap berkomitmen untuk mendukung UMKM dengan kualitas yang baik tersedia di tempat-tempat di Indonesia yang menjadi tujuan wisata.
 
 
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menkop UKM berharap oleh-oleh UMKM tembus pasar Swiss dan Eropa
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024