Dukungan pertahanan Ukraina percepat akhiri perang Rusia

id rusia ,ukraina,tanks support,jerman,usa,zelenskyy,conflict

Dukungan pertahanan Ukraina percepat akhiri perang Rusia

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (kiri) bertemu dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden di Gedung Putih di Washington DC, AS, pada 21 Desember 2022. (Xinhua/Liu Jie)

Istanbul (ANTARA) - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan bahwa peningkatan dukungan pertahanan untuk Kiev akan memastikan perang dengan Rusia berakhir dengan cepat.

"Semakin banyak dukungan pertahanan yang diterima pahlawan kita, semakin cepat agresi Rusia akan berakhir dan  jaminan keamanan untuk Ukraina serta semua mitra kita semakin dapat diandalkan setelah perang," ucap Zelenskyy melalui video, Rabu (25/1).
 
Zelenskyy mengatakan bahwa ia berbicara dengan Sekjen Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) Jens Stoltenberg siang harinya. Presiden Ukraina itu menyebutkan permintaannya soal bantuan lebih lanjut dalam bentuk rudal jarak jauh, artileri, dan pesawat.

"Kami harus membuka pasokan rudal jarak jauh ke Ukraina, penting bagi kami untuk memperluas kerja sama dalam artileri, kami harus mendapatkan pasokan pesawat ke Ukraina. Ini adalah mimpi. Tugas penting untuk kita semua," kata Zelenskyy.

Zelenskyy juga berkomentar tentang keputusan Jerman dan Amerika Serikat untuk masing-masing menyediakan tank Leopard 2 dan Abrams ke Ukraina.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Zelenskyy: Lebih besar dukungan pertahanan, perang lebih cepat selesai
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024