Bank Rusia terkoneksi ke Iran

id bank Iran,bank Rusia,kerja sama perbankan

Bank Rusia terkoneksi ke Iran

Foto Dokumen: Presiden Iran Ebrahim Raisi (kanan) berjabat tangan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin (kiri) yang sedang berkunjung di Teheran, Iran, pada 19 Juli 2022. ANTARA/Kepresidenan Iran/Handout via Xinhua

Teheran (ANTARA) - Seorang pejabat perbankan Iran mengatakan pada Kamis (2/2) bahwa semua bank Rusia dan 106 bank di 13 negara lain telah terhubung ke sistem perpesanan keuangan Iran yang dikenal sebagai SEPAM, lapor Kantor Berita semi-resmi Tasnim.

Dengan SEPAM, bank-bank Iran tidak lagi membutuhkan jaringan Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication (SWIFT), kata Mohsen Karimi, wakil gubernur Bank Sentral Iran (CBI) untuk urusan internasional, kepada Tasnim.

Pada Minggu (29/1/2023), CBI mengumumkan bahwa SEPAM dan Sistem Pesan Keuangan Bank Rusia yang dikenal sebagai SPFS, setara dengan SWIFT, terhubung setelah penandatanganan kesepakatan antara dua bank sentral pada hari yang sama.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Iran sebut semua bank Rusia terhubung ke sistem pesan keuangan Iran
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024