Hamilton langgar aturan balapan di Australia

id f1,formula one,lewis hamilton,max verstappen,grand prix australia

Hamilton langgar aturan balapan di Australia

Arsip - Pebalap tim Red Bull Max Verstappen menjalani balapan Grand Prix Bahrain, Sirkuit Internasional Bahrain, Sakhir. (5/3/2023) (AFP/GIUSEPPE CACACE)

Jakarta (ANTARA) - Max Verstappen melakukan selebrasi pertamanya sebagai pemenang Grand Prix Australia, Minggu, tapi menyebut Lewis Hamilton gagal mematuhi aturan balapan saat menyalipnya di lap pembuka.

Bintang tim Red Bull itu menjadi yang pertama melintasi finis pada balapan yang penuh drama di Melbourne tersebut, sedangkan Hamilton merebut podium kedua untuk Mercedes.

Sang pebalap Belanda start dari pole position tapi disalip George Russell dan Hamilton di lap pembuka.

Kekuatan mobil Red Bull yang superior pada akhirnya membawa Verstappen merebut kemenangan keduanya pada musim ini dan yang pertama baginya di Melbourne.

Namun, ia sempat dibuat kesal dengan manuver Hamilton yang memaksanya melebar ke sisi lintasan.

"Dari sisi saya, saya hanya mencoba menghindari kontak, cukup jelas dalam aturan apa yang diizinkan dilakukan di luar, tapi jelas, itu tidak dipatuhi," kata Verstappen dikutip AFP.

"Tapi tidak masalah. Kami punya kecepatan yang bagus, kami menyalipnya tapi itu sesuatu yang harus diperhatikan untuk balapan selanjutnya."

Hamilton, yang mendapati finis terbaiknya pada musim ini, membantah dia melanggar aturan balap.

"Saya kira itu cukup patut. Dia mengerem awal dan saya mengerem larut. Saya sudah sepenuhnya di sisinya dan saya rasa kami berdua saling menyisakan ruang," kata Hamilton.

"Saya tidak menabraknya hingga keluar lintasan, dia tidak menubruk saya. Kami tidak bersinggungan dan itulah balapan."


 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024