Glagaharjo Sleman dikukuhkan sebagai Rintisan Desa Budaya

id Wabup Sleman ,HUT Kelurahan Glagaharjo ,Kalurahan Glagaharjo Cangkringan ,Rintisan Desa Budaya ,Kabupaten Sleman ,Sleman

Glagaharjo Sleman dikukuhkan sebagai Rintisan Desa Budaya

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa mengukuhkan Kelurahan Glagaharjo, Cangkringan sebagai Rintisan Desa Budaya, Jumat (29/4/2023). ANTARA/HO-Bagian Prokopim Setda Sleman

Sleman (ANTARA) - Wakil Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta Danang Maharsa hadir dalam acara peringatan hari jadi ke-75 Kelurahan Glagaharjo, Kapanewon Cangkringan sekaligus mengukuhkan Glagaharjo sebagai Rintisan Desa Budaya, Sabtu.

Acara yang diadakan di lapangan Kelurahan Glagaharjo ini juga dihadiri Sekda Kabupaten Sleman, Harda Kiswaya dan Kepala Dinas Kebudayaan Sleman Edy Winarya.

Danang mengapresiasi seluruh masyarakat Glagaharjo yang telah bergotong royong menggelar acara hari jadi ini dan mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah berupaya melestarikan budaya di Kelurahan Glagaharjo sehingga dikukuhkan sebagai Rintisan Desa Budaya.

"Semoga ke depan masyarakat di Glagaharjo ini bisa lebih sejahtera, makmur dan perekonomiannya meningkat. Dan kami sangat terima kasih, dengan adanya peringatan hari jadi ke-75 Kelurahan Glagaharjo yang dimeriahkan dengan berbagai kesenian tradisional ini dapat nguri-nguri budaya Jawa," katanya.

Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Sleman Edy Winaryo mengatakan bahwa Desa Rintisan Budaya merupakan langkah awal untuk menjadi Desa Budaya.

"Desa Rintisan Budaya ini akan kami nilai, lalu diajukan ke Provinsi DIY menjadi Desa Budaya. Kriteria yang dinilai dari Desa Rintisan Budaya yakni tradisi, kesenian, permainan tradisional, bahasa dan sastra, aksara, kerajinan, kuliner, pengobatan tradisional, warisan budaya dan tata ruang," katanya.

Lurah Glagaharjo Suroto mengatakan kegiatan ini diantaranya bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta masyarakat Kelurahan Glagaharjo terhadap lingkungan yang mereka tinggali.

"Selain itu, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk memperkuat kerukunan dan kekompakan antarmasyarakat Kelurahan Glagaharjo," katanya.

Menurut dia, rangkaian kegiatan hari jadi Kelurahan Glagaharjo ini dilaksanakan mulai 16 sampai 30 April 2023.

"Berbagai kegiatan turut memeriahkan peringatan hari jadi ini, seperti festival anak saleh, malam tirakatan, jathilan, karawitan, gebyar PAUD, ziarah kubur, jalan sehat dan pengajian," katanya.
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Wabup Sleman kukuhkan Glagaharjo sebagai Rintisan Desa Budaya
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2024