Penanaman rehabilitasi hutan mangrove diapresiasi Jokowi

id presiden jokowi,tni tanam mangrove,penanaman mangrove serentak ,rehabilitasi mangrove,hutan mangrove

Penanaman rehabilitasi hutan mangrove diapresiasi Jokowi

Presiden RI Joko Widodo (kedua kiri) saat melakukan telewicara dengan sejumlah perwakilan pelaksana kegiatan penanaman mangrove serentak oleh TNI se-Indonesia dari Taman Wisata Alam Mangrove, Angke Kapuk, Jakarta Utara, Senin (15/5/2023). (ANTARA/Gilang Galiartha)

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi kegiatan penanaman mangrove serentak yang dilakukan jajaran TNI se-Indonesia yang disebutnya penting untuk merehabilitasi kondisi hutan mangrove.

Apresiasi itu disampaikan Presiden Jokowi usai menghadiri puncak prosesi penanaman mangrove serentak secara langsung di Taman Wisata Alam Mangrove, Angke Kapuk, Jakarta Utara, Senin, dan melakukan telewicara via sambungan video dengan peserta yang hadir secara daring di berbagai daerah di Indonesia.

"Saya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada TNI, Polri, dan juga seluruh pecinta-pecinta lingkungan, penggiat-penggiat lingkungan yang telah bersama-sama merehabilitasi hutan mangrove kita yang memang perlu diperbaiki," kata Presiden Jokowi saat melakukan telewicara.

Salah satu daerah yang turut melaporkan kegiatan penanaman mangrove serentak adalah Surabaya, Jawa Timur, dimana Pangkoarmada II Laksda TNI Maman Firmansyah menjelaskan pihaknya melakukan hal tersebut di dua titik dengan total 20 ribu bibit pohon mangrove.

"Lokasi pertama luas lahan 4 hektare dan jumlah bibit yang ditanam 15 ribu, kemudian lokasi yang kedua luas lahan 3 hektare dan juga bibit yang ditanam lima ribu," kata Maman saat berdialog dengan Presiden Jokowi.

Menanggapi laporan Maman, Presiden Jokowi menegaskan kembali bahwa penanaman mangrove tersebut bertujuan untuk melindungi pesisir dan mengembalikan habitat hutan mangrove yang ada di Tanah Air.

"Ya, ini kita ingin melindungi, memproteksi pesisir kita, dan kita harapkan habitat hutan mangrove ini bisa kembali kita lihat, ikan-ikan yang berada di perairan itu, monyet, biawak, kepiting, saya kira ini kalau bisa kembali, rakyat juga akan mendapatkan secara ekonomi manfaatnya," ujar Presiden Jokowi.

Danlanud Raden Sajad Kolonel Pnb. Jajang Setiawan turut melaporkan kegiatan penanaman mangrove di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, di atas lahan seluas 3.500 meter persegi dengan jumlah 2.500 bibit. Sebanyak 1.000 bibit diantaranya sudah ditanam sejak Maret dan 1.500 sisanya ditanam hari ini.

"Harapan kami terhadap kegiatan penanaman mangrove ini adalah agar melindungi pantai dari abrasi serta menjaga ekosistem pantai di Kabupaten Natuna," kata Jajang.

Presiden Jokowi lantas menekankan kembali agar proses pelestarian tidak dilakukan hanya sebatas awal fase penanaman semata, tetapi dilanjutkan dengan perawatan demi hasil yang maksimal.






Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Presiden Jokowi apresiasi TNI tanam mangrove serentak di 37 provinsi
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024