Sebanyak 30 bayi baru lahir meninggal tragis di rumah sakit sejak awal konflik Sudan

id sudan,konflik,bayi baru lahir ,meninggal dunia,rumah sakit,stephane dujarric

Sebanyak 30 bayi baru lahir meninggal tragis di rumah sakit sejak awal konflik Sudan

Asap mengepul di udara dari sebuah gedung yang terbakar akibat bentrok antara angkatan bersenjata pemerintah Sudan dengan kelompok paramiliter RSF di Khartoum, Sudan. (Xinhua)

Toronto (ANTARA) - Sebanyak 30 bayi baru lahir meninggal dunia dengan tragis di rumah sakit sejak permulaan pertempuran di Sudan, menurut Juru Bicara Perserikatan Bangsa-Bangsa Stephane Dujarric pada Kamis.

Dalam pengarahan pers harian, Dujarric menekankan dampak kemanusiaan dari peperangan yang berlangsung di negara itu, dengan menyoroti data dari badan-badan PBB.

"Dalam sepekan, enam bayi baru lahir meninggal dunia di rumah sakit kota Ed Dein baru-baru ini akibat berbagai masalah yang ditimbulkan pertempuran tersebut, termasuk kurangnya oksigen di tengah pemadaman listrik. WHO melaporkan bahwa lebih dari tiga puluh bayi baru lahir meninggal di rumah sakit sejak dimulainya peperangan," kata Dujarric.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) saat ini berhubungan dengan penyedia layanan kesehatan di wilayah itu untuk memberikan dukungan yang diperlukan, tambah dia.

Ketidaksepakatan antara pihak militer Sudan dan kelompok paramiliter Pasukan Dukungan Cepat (RSF) terjadi dalam beberapa bulan terakhir atas ide integrasi RSF ke dalam angkatan bersenjata Sudan, yakni syarat utama dari kesepakatan transisi Sudan dengan kelompok-kelompok politik.


Sumber: Anadolu



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: 30 bayi baru lahir meninggal di rumah sakit sejak awal konflik Sudan
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2024