Bantul minta petani memilih tanaman sesuaikan kebutuhan air saat kemarau

id Tanaman holtikultura ,Antisipasi kekeringan lahan ,Musim kemarau

Bantul minta petani memilih tanaman sesuaikan kebutuhan air saat kemarau

Tanaman bawang merah, salah satu jenis tanaman hortikultura yang membutuhkan air irigasi cukup yang ada di wilayah Kabupaten Bantul, Daerah istimewa Yogyakarta. (ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bantul, Daerah istimewa Yogyakarta, meminta petani daerah ini agar dalam kegiatan budidaya pertanian memilih tanaman pangan yang disesuaikan dengan kebutuhan air irigasi hadapi musim kemarau.

"Kalau memang di wilayah itu tidak ada sumber air, kami minta para petani itu silahkan memilih tanaman yang kebutuhan airnya sedikit," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Bantul Joko Waluyo di Bantul, Jumat.

Dia mengatakan, hal itu sebagai antisipasi agar tanaman yang ditanam pada musim kemarau 2023 yang dipengaruhi fenomena El Nino saat ini tidak mengalami kesulitan air irigasi yang menghambat pertumbuhan tanaman.

"Tanaman yang kebutuhan airnya sedikit itu misalnya palawija, seperti jagung, kedelai dan sebagainya. Jadi jangan mengejar memaksa tanaman yang butuh air banyak sedangkan daerah itu airnya sulit, jadi harus bisa menyesuaikan kondisi setempat," katanya.

Dia tidak menyarankan tanaman pangan seperti hortikultura maupun padi apabila wilayahnya jauh dari sumber air, dikarenakan jenis tanaman tersebut memerlukan air irigasi yang berkelanjutan.

"Wilayah rawan kesulitan air itu Dlingo, Imogiri, Pajangan, Piyungan sebagian itu daerah daerah yang sumber airnya tidak melimpah, kalau hortikultura harus ada sumber air alami, kemudian padi, air harus tersedia terus," katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, berkaitan dengan antisipasi kekeringan lahan pertanian pada musim kemarau 2023, pihaknya juga menyiapkan pompa air di wilayah yang terdapat atau dekat sumber air, untuk dimanfaatkan para petani.

"Kalau daerah itu bisa dijangkau pompa air dan ada sumber airnya, kita siapkan pompa, kalau memang tidak ada sumber airnya jangan dipaksa. Jadi harus menyesuaikan kondisi setempat walaupun kita menyiapkan pompa, tapi kan harus ada sumber air," katanya.


 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Bantul minta petani pilih tanaman sesuaikan kebutuhan air saat kemarau
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024