Menparekraf mendorong pelaku ekonomi kreatif Kulon Progo berinovasi

id Ekonomi kreatif ,Menparekraf Sandiaga Uno ,Kulon Progo

Menparekraf mendorong pelaku ekonomi kreatif Kulon Progo berinovasi

Menteri Pariwisata, dan Ekonomi kreatif Sandiaga Uno membuat dawet sambal di Kulon Progo, Minggu (28/5/2023). ANTARA/Sutarmi

Kulon Progo (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mendorong pelaku ekonomi kreatif di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, terus berinovasi, dan berkarya serta membangun jejaring dalam upaya meningkatkan ekonomi masyarakat dan menciptakan lapangan kerja yang lebih luas.

Sandiaga Uno di Kulon Progo, Minggu, mengatakan Kabupaten Kulon Progo memiliki potensi ekonomi kreatif yang besar pada subsektor kuliner dan kriya.

"Potensi tersebut dapat dimanfaatkan sebagai peluang pengembangan usaha oleh pelaku ekonomi kreatif. Kreativitas dan inovasi pelaku ekonomi kreatif dalam menjangkau pasar yang lebih luas dengan memanfaatkan teknologi yang berkembang saat ini," kata Sandiaga Uno dalam kegiatan Workshop Peningkatan Inovasi dan Kewirausahaan Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) Indonesia di Kabupaten Kulon Progo.

Ia mengatakan Kemenparekraf berupaya mendorong kebangkitan ekonomi kreatif dengan bentuk aktivasi kegiatan dengan memfasilitasi para pelaku ekonomi kreatif dan pengusaha UMKM dalam mengeksplorasi dan mengembangkan ide-ide kreatif dan inovatif, sehingga memiliki nilai tambah dan memberikan penguatan branding dari produk-produknya.

Selain dari pada itu, Kemenparekraf juga terus memberikan penguatan terhadap ekosistem ekonomi kreatif secara komprehensif di Kabupaten Kulon Progo dengan komitmen untuk mengembangkan simpul kabupaten/kota kreatif berdasarkan subsektor ekonomi kreatifnya agar dapat mewujudkan kemandirian ekonomi masyarakat.

Dengan terlaksananya Workshop KaTa Kreatif di Kabupaten Kulon Progo ini diharapkan pelaku usaha ekonomi kreatif dapat meningkatkan kapasitas yang telah dimiliki sehingga dapat berdaya saing dan dapat menciptakan lapangan kerja yang lebih luas bagi masyarakat sekitarnya.

"Kami berharap pelaku usaha ekonomi kreatif dapat meningkatkan sinergisitas antarpemangku kepentingan dalam rangka penguatan jejaring diantara para pelaku ekonomi kreatif," katanya.

Hadir dalam workshop Penjabat Bupati Kulon Progo Ibu Ni Made Dwipanti. Selain itu, kegiatan workshop diisi oleh narasumber seorang praktisi digital marketing yaitu Agung Pambudi untuk berbagi pengalaman dan memberi materi tentang pengembangan bisnis kreatif di Kabupaten Kulon Progo.


 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menparekraf dorong pelaku ekonomi kreatif Kulon Progo berinovasi