Pemerintah harus gencar sosialisasikan kendaraan listrik

id anggota dpr ri,pemerintah,sosialisasikan,kendaraan listrik

Pemerintah harus gencar sosialisasikan kendaraan listrik

Ilustrasi - Seorang petugas menghubungkan kabel pengisi daya ke kendaraan listrik (EV) di stasiun pengisian daya. ANTARA/REUTERS/Stringer/am.

Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi VII DPR Abdul Kadir Karding mendukung upaya pemerintah mensosialisasikan penggunaan kendaraan ramah lingkungan yakni kendaraan berbasis listrik kepada masyarakat lewat berbagai program.

“Gerakan penggunaan bahan bakar non-fosil harus menjadi fokus utama agar mengurangi tingkat emisi karbon di udara. Jadi budaya penggunaan kendaraan non-fosil atau listrik atau gas harus digalakkan,” ujar Karding dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Legislator tersebut juga mendorong Pemerintah untuk memperbanyak program peralihan dari kendaraan yang menggunakan bahan bakar minyak (BBM) beremisi tinggi ke kendaraan listrik.

Karding menilai, harus ada upaya tambahan dari subsidi kendaraan listrik agar hasil pengembangan energi baru terbarukan (EBT) dapat berkelanjutan dan manfaatnya bisa dirasakan oleh semua kalangan masyarakat.

“Jika kendaraan listrik menjadi populer dan diadopsi secara luas, dampak positif terhadap kualitas udara akan semakin terasa," katanya.

Karding juga minta Pemerintah menyiapkan infrastruktur yang lengkap untuk penggunaan kendaraan listrik. Termasuk pengembangan kelengkapan sarana dan prasarana penunjangnya.

Dengan demikian, ketika masyarakat beralih ke kendaraan listrik, maka terjamin juga fasilitas penunjang penggunaan kendaraannya.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Anggota DPR dukung pemerintah sosialisasikan kendaraan listrik