Menparekraf minta Pemkab Gunungkidul perkuat seni pertunjukan

id Gunungkidul

Menparekraf minta Pemkab Gunungkidul perkuat seni pertunjukan

Menteri Pariwisata dan Ekonomi kreatif Sandiaga Uno. (ANTARA/HO-Dokumen Humas Pemkab Gunungkidul)

Gunungkidul (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno meminta Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, memperkuat seni pertunjukan untuk mendukung sektor pariwisata.

Sandiaga di Gunungkidul, Minggu, mengatakan potensi seni pertunjukan di Kabupaten Gunungkidul sangat tinggi.

“Seni pertunjukan di Gunungkidul memiliki potensi yang istimewa,” kata Sandiaga.

Ia mengatakan butuh upaya penguatan untuk menjadikan seni pertunjukan Gunungkidul dikenal luas. Salah satunya dengan memperbanyak pertunjukan dan kegiatan, hingga pelatihan intensif untuk para seniman.

“Bisa melibatkan seniman Internasional, seniman berpengalaman, dengan ini harapnya seni pertunjukan di Gunungkidul bisa lebih terbentuk,” katanya.

Menurut Sandiaga Uno, masukan yang ada telah dicatat dan akan diberikan penguatan-penguatan pada seni sektor pertunjukan.

"Gunungkidul ini sangat mudah dijangkau. Di sini sudah terhubung semuanya, ada Yogyakarta International Airport, ada bandara di Solo," jelasnya.

Dengan demikian, ke depan diharapkan untuk bergotong royong, promosikan lebih gencar lagi Gunungkidul sebagai destinasi yang bisa diunggulkan pada setiap kegiatan liburan.

"Kami berharap promosi ditingkatkan," katanya.

Sementara Bupati Gunungkidul Sunaryanta mengatakan ekonomi kreatif menjadi penyumbang pertumbuhan ekonomi di bumi Handayani sehingga para pelaku kreatif diharapkan konsisten menekuni sektor masing-masing.

“Sektor pertanian, sektor peternakan, dan salah satunya ekonomi kreatif ini menjadi salah penyumbang pertumbuhan ekonomi di Gunungkidul," katanya.

Ia mengatakan Pemkab Gunungkidul berkomitmen untuk mengembangkan dan mengoptimalkan potensi wisata untuk mendongkrak ekonomi masyarakat.

"Untuk itu, pariwisata dan budaya di Gunungkidul berkembang secara beriringan," katanya.

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menparekraf minta Pemkab Gunungkidul memperkuat seni pertunjukan