Hujan lebat disertai angin ribut landa Indonesia

id BMKG ,Prakiraan cuaca ,Hujan lebat ,Angin kencang

Hujan lebat disertai angin ribut landa Indonesia

Ilustrasi - Petir menyambar di langit Jakarta, Jumat (20/5/2022). (ANTARA FOTO/FAUZAN)

Jakarta (ANTARA) - Wilayah Indonesia mayoritas berpotensi mengalami hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang pada Senin ini, menurut peringatan dini cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika.   

Dikutip dari situs BMKG di Jakarta, Senin, terdapat potensi hujan lebat disertai kilat atau petir, yakni di wilayah Aceh, Sumatera Barat, Riau, Kep. Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Banten, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Papua Barat dan Papua.  

Sementara itu, terdapat beberapa wilayah yang berpotensi mengalami angin kencang lebih dari 45 km per jam yakni wilayah Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Banten, Jawa Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat dan Papua.  

BMKG menyampaikan Sirkulasi Siklonik terpantau di Teluk Cendrawasih, yang membentuk daerah konvergensi dari Papua bagian tengah, serta daerah konfluensi di Papua Tengah, dan pesisir barat Bengkulu.

 
 
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Sejumlah wilayah Indonesia berpotensi hujan lebat dan angin kencang