Dispar Gunungkidul catat PAD pariwisata tembus Rp500 juta

id Gunungkidul ,Dispar Gunungkidul

Dispar Gunungkidul catat PAD pariwisata tembus Rp500 juta

Objek wisata pantai di Gunungkidul. (ANTAR/Sutarmi)

Gunungkidul (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mencatat pendapatan asli daerah dari sektor pariwisata selama libur 1-4 Juni 2023 mencapai Rp500 juta dengan 66.752 wisatawan.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Gunungkidul Harry Sukmono di Gunungkidul, Senin, mengatakan jumlah kunjungan wisatawan tersebut melebihi target yang ditetapkan sebesar 54.438 wisatawan.

"Jumlahnya melampaui target yang ditetapkan. Selama 1 sampai 4 Juni 2023 totalnya ada 66.752 pengunjung," kata Harry.

Ia mengatakan tingginya kunjungan mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD), yang diperoleh dari retribusi wisata. Total perolehan PAD selama 4 hari libur lalu mencapai Rp500 juta. "Capaian tersebut melebihi target yang ditetapkan Rp497,73 juta," katanya.

Pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan dalam menghadapi libur panjang Waisak ini. Persiapannya termasuk pengamanan yang dilakukan secara lintas sektor. "Ada 75 personel gabungan yang diterjunkan selama libur panjang ini," kata Harry.

Harry Sukmono mengatakan mayoritas wisatawan yang masuk ke Gunungkidul berkunjung ke pantai. Pantai di Gunungkidul panjangnya lebih dari 70 kilometer yang membentang dari timur sampai barat. Wisatawan banyak pilihan untuk menikmati suasana pantai yang sesuai dengan yang diinginkan. "Mayoritas wisatawan ke liburan ke pantai, sekitar 90 persen," katanya.

Sementara itu, Bupati Gunungkidul Sunaryanta mengatakan ekonomi kreatif menjadi penyumbang pertumbuhan ekonomi di Bumi Handayani. sehingga para pelaku usaha diharapkan konsisten menekuni sektor masing-masing.

“Sektor pertanian, sektor peternakan, dan salah satunya ekonomi kreatif ini menjadi salah penyumbang pertumbuhan ekonomi di Gunungkidul," katanya.