Penumpang KA Daop 6 naik 46 persen selama libur panjang

id kereta api, Daop 6,Yogyakarta,penumpang,libur panjang akhir pekan

Penumpang KA Daop 6 naik 46 persen selama libur panjang

Kepadatan penumpang di salah satu stasiun di Daop 6 Yogyakarta saat libur panjang akhir pekan, 1-4 Juni. (ANTARA/HO-Daop 6 Yogyakarta)

Yogyakarta (ANTARA) - Jumlah penumpang kereta api di Daerah Operasi 6 Yogyakarta selama libur panjang akhir pekan pada 1-4 Juni 2023 meningkat 46,3 persen dibanding periode yang sama pada pekan sebelumnya.

“Minat masyarakat menggunakan moda transportasi kereta api untuk bepergian selama libur panjang akhir pekan sangat tinggi. Kami menilai, hal ini disebabkan kereta api adalah transportasi massal yang aman dan bebas dari kemacetan di jalan raya,” kata Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daop 6 Yogyakarta Franoto Wibowo dalam keterangannya di Yogyakarta, Senin.

Berdasarkan data KAI Daop 6 Yogyakarta, total pelanggan yang memanfaatkan moda transportasi kereta api pada 1-4 Juni 2023 tercatat sebanyak 158.226 penumpang yang terdiri atas penumpang yang berangkat sebanyak 79.803 orang dan penumpang yang datang 78.423 orang.

Sedangkan pada pekan sebelumnya, 25-28 Mei 2023, total jumlah penumpang di Daop 6 Yogyakarta sebanyak 108.097 penumpang terdiri atas 54.409 penumpang berangkat dan 53.688 penumpang datang.

“Khusus untuk libur panjang kemarin, jumlah pelanggan tertinggi terjadi pada Minggu (4/6) untuk penumpang yang diberangkatkan dan pada Kamis (1/6) untuk penumpang yang turun,” katanya.



Stasiun dengan jumlah keberangkatan dan kedatangan penumpang terbanyak adalah di Stasiun Tugu Yogyakarta yaitu 38.791 penumpang berangkat dan 36.645 penumpang datang.

Pada libur panjang akhir pekan lalu, lanjut dia, juga bertepatan dengan diberlakukannya grafik perjalanan kereta api terbaru sehingga terdapat sejumlah penambahan perjalanan untuk kereta api jarak jauh.

“Penambahan perjalanan kereta api jarak jauh tersebut merupakan komitmen kami untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan terlebih adanya peningkatan jumlah penumpang selama libur panjang akhir pekan,” katanya.

Sejumlah perjalanan baru kereta api tersebut di antaranya, KA Manahan, KA Banyubiru dan KA Argo Semeru, serta KA Gajahwong yang kembali dioperasikan secara reguler.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Penumpang KA Daop 6 naik 46 persen selama libur panjang akhir pekan
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2024