Presiden minta agar tak ada pengungsi Gunung Ruang, Sulut, telantar

id pengungsi gunung ruang ,erupsi gunung ruang,presiden jokowi,menko pmk,muhadjir effendy,evakuasi gunung ruang

Presiden minta agar tak ada pengungsi Gunung Ruang, Sulut, telantar

Menko PMK Muhadjir Effendy memberikan keterangan kepada wartawan usai mengikuti rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (3/5/2024). ANTARA/Mentari Dwi Gayati

Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator (Menko) bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajarannya memastikan tidak ada pengungsi erupsi Gunung Ruang di Sulawesi Utara (Sulut) yang terlantar.

"Arahan dari Bapak Presiden supaya penanganan pengungsi harus dilakukan sebaik-baiknya, tidak ada satu pun pengungsi yang terlantar," kata Menko PMK Muhadjir Effendy usai mengikuti rapat terbatas dengan Presiden Jokowi membahas penanganan pengungsi erupsi Gunung Ruang di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat.

Presiden Jokowi juga meminta dilakukan langkah-langkah cepat untuk mengatasi agar ada penyelesaian permanen terkait erupsi Gunung Ruang.



Menurut Menko Muhadjir, Presiden Jokowi menyetujui seluruh penduduk yang ada di Pulau Ruang yang jumlahnya mencapai 301 kepala keluarga untuk direlokasi.

"Relokasinya di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dan lahannya akan disediakan Bapak Gubernur dan tadi Bapak Presiden sudah memerintahkan Kepada Menteri ATR dan Kementerian LHK untuk menyediakan juga lahan untuk pertanian dan perkebunan untuk mereka," kata Menko Muhadjir Effendy.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Presiden minta tidak ada pengungsi erupsi Gunung Ruang yang terlantar
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024