Timnas Jerman harus waspadai talenta rival di Piala Eropa 2024

id Jerman

Timnas Jerman harus waspadai talenta rival di Piala Eropa 2024

Penjaga gawang Timnas Jerman, Manuel Neuer. (ANTARA/AFP/Mladen ANTONOV/aa.) (ANTARA/AFP/Mladen ANTONOV/aa.) (ANTARA/AFP/Mladen ANTONOV/aa.)

Jakarta (ANTARA) - Tuan rumah Jerman akan menghadapi Hungaria, Swiss, dan Skotlandia, yang merupakan rival bertalenta namun tidak dapat diprediksi, di Grup A saat mereka berupaya merebut gelar Piala Eropa keempat tahun ini.

Setelah satu dekade melempem, Jerman memasuki turnamen dengan semangat yang meningkat.

Di bawah asuhan pelatih Julian Nagelsmann, Jerman sekarang mungkin berada dalam kerangka untuk melaju lebih jauh di Piala Eropa, terutama setelah mengalahkan Prancis dan Belanda dengan cara yang mengesankan pada Maret.

Namun lolos dari grup bukanlah hal yang mudah, terutama karena Hungaria berada di bawah asuhan Marco Rossi.

Berdasarkan catatan AFP dikutip Kamis, meski kalah 1-0 dari Irlandia dalam pemanasan pra-turnamen, Hungaria tampil luar biasa sejak September 2022, dalam 12 pertandingan.

Sementara itu, Swiss dan Skotlandia adalah tim yang tidak diunggulkan, namun keduanya bisa saja mempunyai peluang untuk merusak pesta tuan rumah dengan melaju ke babak sistem gugur.

Jerman bangkit, Hungaria mengintai
Jerman telah memenangi tiga Piala Eropa serta empat Piala Dunia, yang terakhir pada 2014, namun reputasi mereka terpuruk selama dekade terakhir.

Setelah kalah di semifinal dari Prancis pada 2016, Jerman tersingkir di babak grup Piala Dunia 2018 -- tersingkir paling awal dalam 80 tahun.

Jerman mengulangi hal tersebut empat tahun kemudian di Qatar, setelah tersingkir di babak 16 besar Euro 2021 menyusul kekalahan dari finalis Inggris.

Pelatih saat itu Hansi Flick dipecat pada akhir 2023 setelah kalah 4-1 dari Jepang di Wolfsburg, pelatih pertama yang dipecat dalam sejarah Jerman.

Penggantinya, Nagelsmann, hanya memenangi satu dari empat pertandingan pertamanya sebelum merombak skuad pada Maret.

Pelatih berusia 36 tahun itu melakukan 11 perubahan, mencopot bintang-bintang mapan seperti Leon Goretzka, Serge Gnabry, Mats Hummels dan Niklas Suele untuk digantikan pemain-pemain yang sedang dalam performa terbaiknya dari juara liga Bayer Leverkusen dan tim kejutan Stuttgart.

Perubahan ini membuahkan hasil. Tim Nagelsmann yang energik dan haus akan kemenangan mengalahkan Prancis dan Belanda.

Di sisi lain, setelah mencapai semifinal pada 1972, sepak bola Hungaria merosot dan mereka gagal lolos ke Piala Eropa hingga tahun 2016, tetapi kali ini tim asuhan Rossi memiliki harapan besar untuk melampaui babak penyisihan grup.

Kapten Leipzig Willi Orban dan kiper Peter Gulasci akan bersatu kembali bersama dengan mantan rekan satu timnya Dominik Szoboszlai, yang pindah ke Liverpool tahun lalu



Swiss mencapai perempat final di Piala 
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Profil Grup A Piala Eropa 2024: Jerman perlu waspadai talenta rival
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024