Bareskrim Polri: Staf Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto disarankan ajukan praperadilan

id Hasto kristiyanto, harun masiku, bareskrim polri, mabes polri, staf sekjen pdip

Bareskrim Polri: Staf Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto disarankan ajukan praperadilan

Staf Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Kusnadi (tengah belakang) didampingi penasihat hukumnya Petrus Selestinus memberikan keterangan kepada wartawan usai mendatangi Bareskrim Polri, Jakarta, Kamis (13/6/2024). ANTARA/Laily Rahmawaty

Jakarta (ANTARA) -
Penyidik Bareskrim Polri merekomendasikan Staf Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto bernama Kusnadi untuk mengajukan gugatan praperadilan ke pengadilan negeri atas penyitaan dan penggeledahan yang dialaminya saat pemeriksaan di KPK.
 
Rekomendasi itu disampaikan penyidik saat Kusnadi yang didampingi penasihat hukum mengadakan sesi konsultasi pada saat hendak membuat laporan polisi di SPKT Bareskrim Polri, Kamis.

"Ada kesepahaman antara pihak kami sebagai pelapor dengan pihak Bareskrim Polri yang kami konsultasi tadi, terkait dengan pelanggaran prosedur yang kami sampaikan, terkait penyitaan, penggeledahan, bahkan diinterogasi selama tiga jam, itu menurut kami dilakukan oleh penyidik Rossa di KPK menyimpang dari prosedur KUHP dan prosedur undang-undang tentang Komisi Pemberantasan Korupsi,” kata Petrus Selestinus, penasihat hukim Kusnadi.

Kusnadi datang ke Bareskrim Polri untuk melaporkan AKBP Rossa Purbo Bekti, terkait penggeledahan dan penyitaan ponsel milik Hasto pada saat pemeriksaan di KPK pada Senin (10/6).

Menurut Petrus, laporan tersebut belum diterima oleh Bareskrim Polri, namun pihaknya diarahkan untuk mengajukan gugatan praperadilan terlebih dahulu.

Dia menjelaskan, praperadilan bertujuan untuk menguji kebenaran apakah benar dan terbukti bahwa proses penggeledahan penyitaan, pemeriksaan badan dan interogasi yang dilakukan oleh penyidik Rossa Purbo Bekti menyalahi prosedur atau tidak.

"
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Bareskrim sarankan Staf Hasto Kristiyanto ajukan praperadilan
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024