Menteri Yohana: Tak ada kabupaten layak anak di Papua

id kapubaten layak anak,papua,yohana

Menteri Yohana Yembise saat memberikan bingkisan kepada anak-anak di Jayawijaya. (ANTARA News Papua/Marius Frisson Yewun)

Wamena (ANTARA) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise mengatakan tidak ada kabupaten di Provinsi Papua yang masuk kabupaten layak anak pada tahun 2019.

Menteri Yohana di Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya, Kamis, mengatakan penghargaan layak anak diberikan kepada Pemerintah Kota Jayapura pada 2018.

"Tahun lalu saya berikan. Tahun ini tidak ada sama sekali yang masuk dalam kabupaten layak anak," katanya.

Ia mengatakan pemberian penghargaan kepada Pemerintah Kota Jayapura itu disertai dengan sejumlah pekerjaan yang perlu dituntaskan.

Puluhan kabupaten lain di Papua ini sedang didorong menuju kabupaten layak anak dan telah dilakukan peluncuran komitmen bersama semua instansi terkait.

"Misalnya Kota Jayapura, Kota Manokwari, Raja Ampat dan juga sudah diluncurkan beberapa kabupaten di sini yang menuju layak anak, namun belum banyak pendekatan kami dengan kabupaten lain, tetapi kabupaten Jayawijaya sudah diluncurkan," katanya.

Ia mengatakan Jayawijaya merupakan satu kabupaten yang sudah berkomitmen memenuhi 24 indikator menjadi kabupaten layak anak.

Tetapi berdasarkan laporan, Jayawijaya masih dalam masa transisi kepemimpinan sehingga membutuhkan waktu untuk memenuhi indikator kabupaten layak anak.*

Baca juga: Menteri Yohana ingin luncurkan Kabupaten/Kota Layak Anak di Papua

Pewarta : Marius Frisson Yewun
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar