Jakarta (ANTARA) - Panitia kurban Masjid Agung Al-Azhar, Jakarta Selatan, akan menyediakan sekitar 1.200 kupon daging kurban yang dibagikan untuk masyarakat di sekitar lingkungan masjid.

"Informasi terakhir kita telah menerima 13 ekor sapi dan 110 ekor kambing. Tapi jumlah tersebut masih bisa bertambah," kata Staf Penerimaan Pengurus Takmir Masjid Agung Al-Azhar, Nizar, ditemui di kantornya, Sabtu.

Baca juga: Masjid Cut Meutia gelar shalat Idul Adha di lapangan terbuka

Baca juga: Jamaah Tarekat Syattariah di Nagan Raya Aceh sudah Shalat Idul Adha

Baca juga: Presiden berkurban sapi di Masjid Al Akbar Surabaya


Nizar mengatakan bahwa pemotongan hewan kurban akan dilakukan setelah selesai ibadah shalat Idul Adha sekitar pukul 08.30 WIB. Sedangkan pembagian daging kurban akan dilakukan setelah proses pemotongan selesai di hari yang sama.

"Biasanya pemotongan itu bisa makan waktu lama. Kalau kemarin itu selesai jam 4 sore. Untuk bersih-bersih segala macam bisa selesai malam," ujarnya.

Dia melanjutkan jika ada sisa daging kurban di luar jatah kupon yang dibagikan, maka akan disalurkan ke beberapa pos penerima jatah daging kurban yang telah ditentukan.

"Kupon setelah shalat Ied langsung dibagikan. Insya Allah kalau pemotongan sudah selesai setengah hari langsung kita serahkan kuponnya," imbuhnya.

Shalat Idul Adha di Masjid Agung Al-Azhar akan dimulai pada pukul 06.30 WIB. Bertindak sebagai imam adalah Achmad Khotib. Sedangkan penceramah akan diisi oleh Haedar Nasir yang juga merupakan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019