Berita politik kemarin, Rakernas Gerindra, penetapan caleg terpilih

id Gerindra, PDI-P, penetalan Caleg, politik

Politikus Partai Gerindra Andre Rosiade. (Foto: Zuhdiar Laeis)

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita politik yang terjadi Sabtu (10/8) menjadi perhatian publik dan masih menarik untuk dibaca ulang, mulai persiapan Rakernas Partai Gerindra dan persiapan sejumlah KPU di wilayah menetapkan caleg terpilih.

Berikut sejumlah berita politik kemarin yang masih menarik untuk dibaca hari ini:

Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra Andre Rosiade berencana akan ganti mengundang Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri saat rapat kerja nasional (rakernas) tahun ini.

"Gerindra akan mengadakan rakernas, 21 September mendatang, di Hambalang," katanya di Jakarta, Sabtu.

Selengkapnya di sini :

Partai Demokrat masih menunggu arahan dari Ketua Umum Susilo Bambang Yudhoyono untuk menentukan langkah politik 5 tahun ke depan sebagai oposisi atau bergabung dalam koalisi di pemerintahan.

"Sampai saat ini, saya belum mendapatkan arahan dari Pak SBY terkait dengan apa yang menjadi sikap partai," kata Ketua Divisi Komunikasi Publik DPP Partai Demokrat Imelda Sari di Jakarta, Sabtu.

Selengkapnya di sini :

Ketua Umum Arus Bawah Jokowi (ABJ) Michael Umbas menyampaikan selamat atas terpilihnya Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Umum DPP PDI Perjuangan. Dia memandang kepemimpinan Megawati masih sangat dibutuhkan bagi partai tersebut.

"Kami mengucapkan selamat kepada Megawati Soekarnoputri yang dipilih secara aklamasi oleh seluruh pengurus DPD dan DPC sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan periode 2019 s.d. 2024," kata Michael Umbas dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu.

Selengkapnya di sini :

KPU Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, menjadwalkan penghitungan suara ulang untuk empat TPS yang diputus "bermasalah" oleh Mahkamah Konstitusi, Senin (11/8) pagi bertempat di kantor KPU setempat.

"(Perhitungan ulang) Besok Senin. Tempat di KPU Kabupaten Trenggalek,"  kata Ketua KPU Kabupaten Trenggalek Gembong Setia Hadi, Sabtu.

Selengkapnya di sini :

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Bulan Bintang (PBB) tidak menghadiri rapat pleno terbuka penetapan perolehan suara dan kursi serta calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Jember pada Pemilu 2019 yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu.

"Seluruh partai hadir memenuhi undangan. Namun, hanya dua partai absen dalam rapat pleno penetapan tersebut, yakni PKB dan PBB," kata anggota KPU Kabupaten Jember Divisi Data Ahmad Hanafi di Jember.

Selengkapnya di sini:

Komisi Pemilihan Umum Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, mulai mempersiapkan pleno penetapan 25 calon terpilih anggota DPRD Kota Baubau periode 2019 s.d. 2024 setelah Majelis Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) menolak gugatan caleg daerah itu.

Pleno tersebut akan dilaksanakan sehari setelah Iduladha 1440 Hijriah atau pada hari Senin, 12 Agustus 2019.

Selengkapnya di sini :

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa partainya mengusulkan desain kabinet pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin mengusung konsep Trisakti.

"Bagi kami di dalam sikap politik secara keseluruhan sebagai hasil dari sidang-sidang komisi yang kemarin, kemudian diputuskan ke dalam pleno, desain kabinet kami usulkan mengeluarkan konsep Trisakti," kata Hasto seusai penutupan Kongres V PDIP di Bali, Sabtu.

Selengkapnya di sini :

Pewarta : Laily Rahmawaty
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar